Artikel Pembaca : Tips Sukses Menamai Bisnis dan Usaha Anda

Entrepreneurship / 10 April 2015

Kalangan Sendiri

Artikel Pembaca : Tips Sukses Menamai Bisnis dan Usaha Anda

bagusp Official Writer
3915

     Pepatah “apalah arti sebuah nama” mungkin tidak berarti saat kita ingin memulai sebuah bisnis atau usaha. Nama bisnis atau usaha kita merupakan identitas dasar yang merupakan penentu keberhasilan berjalan nya bisnis atau usaha kita. Orang lain akan dengan mudah dapat mengenali apa yang kita kerjakan, layanan apa yang kita lakukan untuk orang lain, produk apa yang kita hasilkan lewat nama dari nama yang kita pilih untuk bisnis kita. Lewat nama juga, sang pemilik dapat mengharapkan bisnis yang mereka jalankan ke depan. Karena sebagian besar banyak yang menganggap bahwa nama yang kita pilih adalah doa untuk bisnis kita. Contoh nya , PT. Anugerah, PT. Berkah, Usaha Maju Gemilang.

     Apabila kita amati, ada perbedaan pemilihan nama bisnis di Luar negeri dan di dalam negeri. Biasanya nama-nama bisnis di luar negeri lebih unik, variatif, dan inovatif daripada nama-nama bisnis yang ada di dalam negeri. Contoh nama-nama bisnis di luar negeri yang kita temui : Google, Yahoo, IBM, FedEx, Whatsupp. Sedangkan nama-nama bisnis di dalam negeri yang sering kita temukan adalah PT. Sinar Mas, PT. Saraswanti Sawit, PT Gunung Madu. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pemilihan nama-nama tersebut. Namun perlu diperhatikan zaman akan terus berkembang maju, pemilihan nama pun harus semakin inovatif. Sehingga tidak jarang sang pemilik berusaha keras untuk mendapatkan nama yang tepat dengan berbagai cara.

     Perkembangan internet membuat orang lebih mudah mencari segala sesuatu, termasuk bisnis anda. Sehingga pemilihan nama yang tepat, unik, inovatif, juga informatif sangat perlukan saat publikasi di dunia maya. Beberapa lembaga seperti top search optimization akan sangat membantu pencarian nama anda oleh orang-orang yang mengakses internet. Selain itu, berikut beberapa tips dari enterpreneur.com untuk memberi nama usaha anda :


TANYAKAN PADA AHLINYA
     Penamaan perusahaan mempunyai sistem kerumitan tersendiri. Bertanya kepada ahlinya adalah solusi yang tepat untuk memilih nama yang baik bagi bisnis anda. Karena mereka dapat memberikan arahan nama yang baik dan apakah sesuai dengan hukum perdagangan atau tidak.
     Namun hal yang perlu diperhatikan adalah biaya. Di luar negeri, biaya untuk mendapatkan nama bisnis anda yang profesional adalah sekitar $80.000. secara umum nama bisnis ini sudah merupakan hasil akhir yang terdiri dari dari identitas nama, graphic design, serta packaging (bungkusan akhir). Laurel Sutton, seorang pengembang nama Brand Catchword menyatakan bahwa masih terdapat layanan pemberi nama sekitar $50 masih ada, namun masih memerlukan uang lebih banyak dan waktu yang lebih lama apabila terdapat konsultasi. Contoh perusahaan pengembangan nama perusahaan adalah Namelab.

BUATLAH DENGAN KREATIF
     Namelab membuat nama perusahaan pabrikan komputer yaitu Compaq. Nama ini berasal dari pemenggalan kata “compact” yang berarti rapi. Dan dibuat agar enak didengar telinga, lebih umum, dan lebih jelas. Berikut beberapa kriteria agar kita juga dapat berkreasi menentukan nama bisnis atau usaha kita yaitu :
a     Enak didengar saat diucapkan dengan lantang.
b     Gunakanlah nama anda yang mempunyai makna, dan menyampaikan sebuah manfaat.
c     Hindari ambiguitas pelafalan
d     Berhati-hatilah pada penggunaan inisial
e     Gunakanlah spesifikasi
f     Pastikan anda dapat melakukan trademark pada nama tersebut
g     Jangan pilih nama yang terlalu panjang

UJILAH NAMA BISNIS ANDA
     Langkah selanjutnya adalah menguji nama bisnis anda, apakah sesuai dengan hukum merek dagang(trademark) atau melanggar. Langkah ini dapat dilakukan saat bertanya pada ahli nama atau bertanya pada pemerintah daerah. Setelah itu, anda apat membuat perjanjian tertulis untuk bisnis anda. Hal ini akan menolong bisnis anda sehingga tidak dapat ditiru oleh orang lain. Perjanjian ini sangat penting, karena apabila anda terbukti melanggar, anda akan mengalami kerugian yang sangat besar.

ANALISIS AKHIR
     Jika anda beruntung, biasanya ada lima atau enam nama untuk lulus uji. Lalu langkah akhir nya adalah membuat keputusan untuk menyaring salah satu nama yang sesuai dengan kriteria-kriteria nama diatas. Membuat keputusan akhir juga harus diimbangi dengan riset kepada masing-masing kelompok peminat dari produk anda. Apakah nama tersebut langsung memberikan perhatian kepada kelompok tersebut, apabila tidak seyogyanya diganti dengan memberikan perhatian. apabila sudah, anda siap untuk mempublikasikannya lewat radio ataupun untuk di dunia maya. Biasanya proses analisis akhir ini menghabiskan dari enam minggu atau enam bulan.

     Memberi nama untuk sebuah bisnis kita adalah proses yang penting karena akan menentukan apakah bisnis kita akan berhasil atau tidak oleh sebab itu banyaklah berkonsultasi dengan ahli dan banyak mencari pengetahuan dan ide mengenai nama-nama bisnis. Semoga hal tersebut dapat membantu wawasan anda untuk dapat menentukan nama bisnis anda yang tepat.


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan mengirimkan kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan mengirimkannya ke alamat email : [email protected].
     `

    

Halaman :
1

Ikuti Kami