Mengenal Sosok Ketua PGI Pdt. Henriette Lebang
Sumber: Jumpman23.cc

Internasional / 18 November 2014

Kalangan Sendiri

Mengenal Sosok Ketua PGI Pdt. Henriette Lebang

Lori Official Writer
18043

Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) telah resmi mengangkat Pdt Dr Henriette Tabita Lebang MTh menjadi Ketua Umum PGI periode 2014-1019 menggantikan Pendeta Dr. Andreas Anangguru Yewangoe pada Jumat, 14 November 2014 pekan lalu. Terpilihnya Pdt. Eri Lebang, begitu panggilannya, menjadi sejarah baru bagi PGI dipimpin oleh kaum perempuan.

Eri Lebang (Gereja Toraja) menjadi kandidat perempuan satu-satunya dari enam kandidat yang ada sekaligus kandidat dengan perolehan suara tertinggi, yakni 66 suara. Sedangkan kandidat lain seperti Richard Daulay (Gereja Methodis Indonesia) 23 suara, John Ruhulesin (Gereja Protestan Maluku) 23 suara, Albertus Patty (Gereja Kristen Indonesia) 11 suara dan Langsung Sitorus (Gereja Huria Kristen Indonesia) 2 suara.

Lalu apa keistimewaan sosok Eri Lebang dimata para PGI? Berikut uraian tentang sosok pendeta perempuan asal Toraja ini.

Latar belakang

Pdt Eri Lebang adalah pendeta asal Gereja Toraja, kelahiran Ujung Pandang 11 Oktober 1952. Dia menikah dengan mendiang Ralph Donald Manahara Hutabarat dan dikaruniai dua anak yakni Dorothea Marannu dan Cita Lanrianna.

Pdt Eri Lebang memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Muda Teologi dari Sekolah Tinggi Teologi Jakarta tahun 1975. Kemudian meraih gelar Sarjana Teologi dari Sekolah Tinggi Teologi Jakarta pada tahun 1977. Tak samapi di situ keinginannya untuk etrus menimba ilmu berlanjut hingga gelar Master of Arts on Christian Education, PSC, Richmond, Virginia, USA pada tahun 1987 serta Doctor of Education dari Presbyterian School of Christian Education, PSCE, Richmond, Virginia, USA pada tahun 1991.

Sepak terjang pelayanan

Sejak tahun 1991, Pdt. Eri Lebang mengawali pelayanannya menjadi staff di Lembaga Pembinaan Kader (LPK) Gereja Toraja. Kemudian dia menduduki jabatan sebagai Pengurus Pusat Gereja Toraja (PPGT), Ketua I Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja dan Ketua Badan Pembinaan Warga Gereja di BPS Gereja Toraja. Dia juga tercatat menjadi Direktur Institut Teologi Gereja Toraja sejak 2006 – 2010.

Pdt Eri Lebang ternyata tak lagi asing dilingkungan PGI, pasalnya dirinya sudah memulai pelayanan sejak 1980 sebagai asisten Sekjen, lalu terpilih menjadi Ketua Departemen Perempuan PGI sejak 1984-1986. Tak cukup ditingkat nasional, Pdt. Eri Lebang pun mulai terlibat dalam pelayanan tingkat Asia sebagai Sekretaris Jenderal di Dewan Gereja-gereja (Christian Conference of Asia (CCA)) hingga 2015. Dalam hal ini, dia pun dikenal sebagai perempuan pertama Asia yang pernah menjadi pemimpin tertinggi CCA.

Organisasi aktif

Selain aktif di CCA, Pdt Eri Lebang juga aktif dalam World Council of Chruches (WCC) atau Dewan Gereja-gereja Sedunia. Keterlibatannya dalam pelayanan ini dimulai sejak dirinya terpilih sebagai anggota Central Committee and Executive Committee dari lembaga oikumene global pada Sidang Raya ke-10 WWC di Busan, Korea Selatan tahun 2013 silam. Pdt Eri Lebang pun masih akan tetap aktif dalam pelayanan ini hingga 2021 yang akan datang.

Perjalanan pelayanan yang telah dilaluinya tentu membuatnya tak asing lagi di lingkungan pelayanan nasional, regional dan Internasional. Dengan sederet pengalaman itu, kemampuan pendeta perempuan ini dalam mengemban tugas sebagai Ketua Umum PGI yang baru tentu tak lagi diragukan. Adalah harapan besar agar PGI di bawah pimpinan kaum feminis kali ini semakin mampu merangkul gereja-gereja di Indonesia dalam tujuan dan semangat yang sama.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami