Kenali Gejala-gejala Kista Ovarium Ini
Sumber: Worpress.com

Info Sehat / 10 November 2014

Kalangan Sendiri

Kenali Gejala-gejala Kista Ovarium Ini

Lori Official Writer
28518
Kista ovarium adalah salah satu penyakit yang menyerang kaum wanita karena terjadi pada indung telur (ovarium). Kista berbentuk kantong abnormal yang berisi cairan atau setengah cair yang tumbuh dalam ovarium.

Kista ini termasuk jenis tumor jinak dan tidak berbahaya, namun tetap diwaspadai karena akan berdampak pada masalah kesehatan seperti haid tidak lancer, pendaraha, kista pecah, tidak bisa hamil, batang ovarium terlilit dan juga kanker endometrium.

Kista ovarium awalnya terbentuk karena ovarium yang tidak dibuahi akan mengalami penebalan, dimana cairan di dalamnya akan membentuk kista kecil sebesar 4 cm. Kista ini disebut juga dengan kista fungsional yang terbentuk pada salah satu ovarium wanita. Bahayanya, kista ini dapat semakin membesar dan berakibat pada gangguan kesehatan.

Orang yang terserang kista ovarium biasanya akan merasakan gejala-gejala seperti:

1. Gangguan haid/menstruasi. Gejala awal kista ovarium umumnya sangat bervariasi dan tidak spesifik, yakni berupa gangguan haid/mestruasi. Jika sudah membesar, baru akan menimbulkan sakit yang cukup perih pada bagian perut.

2. Pembesaran pada perut. Jika dibiarkan semakin lama, kista akan bertumbuh semakin besar dan penderita akan merasakan perut membesar, penuh, berat dan kembung.

3. Sering buang air besar. Kista yang sudah semakin membesar sebenarnya dapat diketahui lewat meraba dari bagian luar perut. Namun salah satu gejala yang ditimbulkan adalah penderita disebut kerap mengalami buang air kecil. Hal ini terjadi karena kista yang membesar membuat kandung kemih tertekan, sehingga mengurangi kapasitasnya.

4. Nyeri pada panggul. Gejala lain dari kista ovarium adalah nyeri panggul selama dan setelah menstruasi, saat berhubungan intim. Gejala ini juga disertai dengan rasa mual atau pengerasan pada payudara mirip seperti saat hamil.

5. Rasa sakit di bagian perut. Pemderita akan merasakan sakit seperti di gigit semut di bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian.

Untuk mencegah pertumbuhan kista ovarium, adalah baik bagi setiap wanita untuk memperhatikan gaya hidup yang lebih sehat, seperti:

- rajin berolahraga

-  menjaga pola makan (hindari merokok dan makanan yang tidak sehat).

-  bagi pasangan yang sudah menikah dianjurkan untuk segera hamil karena secara otomatis mencegah pembentukan kista akibat berhentinya haid.

Selain itu, hal terpenting yang patut dilakukan adalah sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami