Rahasia Wanita Lebih Jago Investasi Ketimbang Pria
Sumber: Viva.co.id

Investment / 9 November 2014

Kalangan Sendiri

Rahasia Wanita Lebih Jago Investasi Ketimbang Pria

Lori Official Writer
3070
Anda bisa saja tak setuju dengan hasil penelitian yang mengatakan bahwa perempuan malah jauh lebih jago berinvestasi ketimbang pria. Namun tak dimungkiri bahwa industri investasi dan pasar modal memberi peluang yang sama kepada wanita tanpa memandang gender.

Hasil penelitian yang diperoleh Vanguard Investment di Amerika Serikat pada tahun 2007-2009 itu mengungkap rahasia dibalik kemampuan wanita dalam berinvestasi, diantaranya adalah:

Wanita punya strategi investasi yang tepat. Jika para pria akan memilih menjual investasi mereka di saat harga sedang jatuh, maka wanita akan menahan diri untuk menjual investasinya. Hasilnya? Wanita jauh lebih mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibanding pria.

Wanita lebih terbuka soal investasi. Pria adalah mahluk dengan ego yang sangat tinggi, sehingga mereka seringkali tidak mau mengakui kalau mereka tidak tau atau mengaku bila melakukan kesalahan berinvestasi dan membuat keputusan. Lain halnya dengan wanita yang jauh lebih terbuka jika melakukan kesalahan atau tidak mengerti dan tidak paham ketika berinvestasi. Sehingga membuat mereka aktif sekali bertanya ke sana kemari. Hasil itu kemudian di input dan menjadi bahan pertimbangan dikala akan mengambil keputusan dalam investasi. Benar tidaknya, hal inilah yang membuat wanita mengambil keputusan yang lebih tepat saat dalam kondisi seburuk apapun.

Wanita sudah dianugerahi bakat biologis jago investasi. Untuk menjawab rahasia kesuksesan para wanita dalam berinvestasi, sejumlah pakar mengatakan bahwa wanita kemungkinan besar memang lahir dengan bakat investasi yang baik. Salah satunya adalah secara biologis dimana wanita dapat menangkal sinyal sentimen negatif dari sekitar. Sebaliknya, pria malah dianggap kurang sensitif dengan hal itu.

Kemampuan wanita dalam mengelola keuangan juga dapat tercermin dari peranan wanita dalam pengelolaan keuangan rumah tangga, dimana wanita (istri) berfungsi sebagai controller. Contoh nyata wanita sukses dalam berinvestasi salah satunya adalah Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti, dengan bakat berinvestasi yang dia punya menghantarkan Susi ini sebagai pengusaha terpandang di Indonesia. Nah, bagi pria jangan kalah bersaing dengan wanita, jangan pertahankan ego Anda yang justru tidak berdayamanfaat bagi investasi Anda.

<!--[endif]-->--> Sumber : Detik.com/Ciputraentrepreneurship.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami