Tertarik Investasi Emas? Cermati Beragam Hal Ini
Sumber: REUTERS_MichaelDalder

Investment / 19 October 2014

Kalangan Sendiri

Tertarik Investasi Emas? Cermati Beragam Hal Ini

Lori Official Writer
3894
Emas menjadi salah satu investasi yang banyak dingandrungi para investor sebagai alat lindung nilai dan investasi jangka panjang karena harga yang relatif stabil namun bisa mengalami kenaikan signifikan dalam jangka panjang.

Menurut Trainer Manajemen Global Indonesia, Irvan Sutanto, berivestasi emas banyak memberikan manfaat karena nilainya yang cenderung terus meningkat. “Orang berpikir emas adalah investasi fisik yang nilai investasinya semakin meningkat Orang akan berpikir nilainya 10 tahun nanti akan meningkat,” kata Irvan, seperti disampaikannya saat gelaran acara Jakarta Convention Center, Sabtu (27/9) lalu.

Nah, bagi Anda yang mulai berinvestasi emas dan ingin sukses meraup keuntungan besar, cermati dulu beberapa hal ini .

Update harga emas terkini

Update informasi harga emas adalah hal yang patut dilakukan oleh para investor. Belilah emas saat harganya rendah, dan Anda hanya tinggal menunggu harga naik untuk kembali menjualnya. Untuk tetap update harga, Anda dapat memantau harga di PT Aneka Tambang TBK atau Antam.

Teliti mengenali keaslian emas

Antam biasanya menjadi pilihan pembelian emas karena emas yang dijual dijamin keasliannya dan dilengkapi sertifikat. Emas yang diperjualbelikan di Antam pun sudah berstandar internasional dan diakui oleh London Bullian Market Association (LBMA), sehingga pembeli tidak merasa dicurangi bila emas yang dibeli palsu.

Teliti dengan kadar kemurnian emas

Membeli emas harus jeli dengan kadar keaslian emasnya. Karat adalah tetapan yang biasa digunakan untuk menyebutkan kadar kandungan kemurnian emas. Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Emas 23 karat berarti tingkat kemurniannya 23/24 x 100 persen atau sekitar 95.8 persen. Dari itu Anda perlu belajar tentang cara meneliti bahan emas yang akan Anda beli.

Rawat emas dengan baik

Bagi Anda yang memilih emas sebagai investasi, Anda harus benar-benar memperhatikan cara perawatan emas yang tepat. Langkah utama yang harus diperhatikan adalah membersihkan emas Anda dengan melap emas dengan autosol. Anda juga dapat menggunakan amplas jika emas sudah terlalu tergores.

Simpan bukti pembelian dan keaslian emas

Saat Anda sudah membeli emas, jangan lupa menyimpan bukti pembelian bila Anda ingin segera menjual kembali emas yang Anda beli. Tanpa ada surat atau bukti itu, nilai emas bisa saja jatuh.

Keunggulan emas saat digunakan sebagai alat investasi adalah lebih mudah dan lebih cepat diuangkan dan nilai investasinya relatif lebih kecil. Sehingga dapat menjadi alternatif saat kondisi perekonomian tengah menghadapi inflasi yang tidak menentu.

Sumber : Beritasatu.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami