Logam Mulia, Investasi Minim Resiko
Sumber: REUTERS_MichaelDalder

Investment / 23 September 2014

Kalangan Sendiri

Logam Mulia, Investasi Minim Resiko

Theresia Karo Karo Official Writer
5881
Investasi emas adalah bentuk investasi jangka menengah dan panjang. Saat ini, kesadaran dan antusias masyarakat dengan investasi emas sudah sangat tinggi. Sebab, sudah banyak yang sadar akan pentingnya investasi atau menabung emas. Kebanyakan dari mereka memilih emas dengan tujuan mengamankan kekayaan, mempertahankan nilai beli di masa depan, mencukupi rencana masa depan dan menambah kekayaan. Berikut kelebihan lain dari logam mulia ini:

Dana Darurat
Tingginya likuiditas emas sehingga dapat dengan mudah dijual kapan saja saat membutuhkan dana. ‘Pencairannya’ tidak perlu ribet seperti investasi properti yang memerlukan waktu lama dalam penjualannya. Logam mulia ini dapat dijual atau digadaikan untuk memenuhi kebutuhan terdesak.

Bebas Pajak
Kepemilikan logam mulia ini sama sekali bebas biaya pajak. Berdasarkan peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 15/Pj/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-57/Pj/2010, Tentang Tata Cara Dan Prosedur Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang Dan Kegiatan Di Bidang Impor Atau Kegiatan Usaha Di Bidang Lain. Dan emas termasuk dalam komoditi produksi oleh sebab itu bagi pemilik emas batangan seberapapun berat dan banyaknya tidak akan dibebankan pajak.

Tidak Terpengaruh Inflasi
Pilihan investasi logam mulia ini memang selalu menjadi pilihan nomor satu. Reputasi yang terkenal dari emas adalah karakretistiknya yang tidak terpengaruh dengan inflasi dan guncangan ekonomi sehingga harganya akan meningkat setiap tahunnya. Pergerakan harga emas cenderung ke arah positif.

Simpanan Masa Depan
Investasi emas sama dengan menyimpan kekayaan. Karena harganya yang setiap tahun naik, hal ini mempengaruhi jumlah harta yang turut bertambah. Apalagi dengan permintaan logam mulia yang meningkat sehingga semakin menaikkan harga emas. Nilainya yang cenderung stabil menjadikannya sangat bermanfaat untuk pengeluaran rumah tangga jangka panjang seperti pendidikan anak atau modal investasi untuk bidang lain.

Perlu diketahui bahwa investasi emas batangan dalam jumlah banyak, relatif berisiko dan mahal. Perawatan untuk penyimpanan harus menggunakan protective cover. Hal ini untuk menghindari terjadi oksidasi dan perubahan warna. Bila jumlahnya memang banyak, anda harus menyewa safe deposit box atau menyiapkan brankas khusus di rumah.
Sumber : Ciputraentrepreneurship/Gatra.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami