MH17 Ditembak, Ukraina dan Rusia Saling Tuduh

Nasional / 19 July 2014

Kalangan Sendiri

MH17 Ditembak, Ukraina dan Rusia Saling Tuduh

Lori Official Writer
3536

Insiden nahas jatuhnya pesawat jet Malaysia Airlines MH17 di wilayah Ukraina menjadi topik pembicaraan luas di dunia internasional lantaran diduga jatuh akibat ditembak oleh milisi Pro-Rusia.  

 

Namun Departemen Pertahanan Rusia masih tetap menyangkal tindakan tersebut, dan justru melempar tuduhan kepada Ukraina. Rusia menyebut bahwa Ukraina memiliki beberapa unit Angkatan Bersenjata Ukraina yang dilengkapi dengan sistem rudal anti-pesawat.

 

“Di pinggiran barat laut Donetsk terdapat battalion 156 Pertahanan Udara dari Angkatan Bersenjata Ukraina yang memiliki 27 sistem Buk-M1,” demikian dikutip dari Tempo.co, Jumat (18/7).

 

Sebaliknya, Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin menyampaikan bahwa dirinya telah menyadap pembicaraan telepon yang membuktikan penembakan pesawat dilakukan milisi pro-Rusia yang berjaga di wilayah Donetsk. Sementara pihaknya membenarkan bahwa Ukraina tidak memiliki sistem rudal darat ke udara.

 

Sikap penyangkalan kedua negara ini menggerakkan pemerintah Inggris untuk meminta digelarnya pertemuan darurat bersama Dewan Keamanan PBB guna menentukan sikap terkait insiden ini.

 

Seperti diketahui, Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah Ukraina pada Kamis (17/7) pukul 19.14 WIB. Pesawat asal negeri jiran ini mengangkut 280 penumpang dan 15 kru dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

 

Insiden penembakan pesawat nahas MH17 ini tentu menjadi pukulan besar bagi seluruh keluarga korban. Sehingga pemimpin-pemimpin negara sepatutnya duduk bersama dan membahas pelaku dibalik penembakan besar pesawat MH17 yang menewaskan 295 jiwa itu.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pesawat Malaysia Airlines MH17 Jatuh Ditembak?

 

5 Penjelasan KPU Sikapi Kejanggalan Form C1

 

 

Wanna Be Creative? Hidupi 7 Kebiasaan Ini

 

 

Siap Kalah, Prabowo: Saya Hormati Apapun Keputusan Rakyat

 

 

Purnomohadi: Arsitek Sukses Dibalik Stadiun Gelora Bung Karno

 

 

Kisah Rachellia, Dikuasai Hasrat Menjadi Pria

Sumber : Bbc.co.uk/Tempo.co/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami