Paska Banjir, Jakarta Segera Benahi Infrastruktur Kota
Sumber: JPNN

Nasional / 12 February 2014

Kalangan Sendiri

Paska Banjir, Jakarta Segera Benahi Infrastruktur Kota

Lori Official Writer
5605

Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah ibu kota Jakarta beberapa pekan lalu sudah mulai tampak surut. Para pengungsi yang pulang mulai sibuk membersihkan lumpur rumah yang mencapai 10 cm. Lantas apakah pasang surut banjir ibu kota ini akan terus disikapi sebagai bencana yang sudah lumrah setiap tahunnya?

Untungnya, sejumlah pekerja sudah mulai turun melakukan perbaikan dan penggalian tanggul di beberapa wilayah di Jakarta sejak Minggu (9/2). Seperti warga Kalibata, Jakarta Timur, sibuk bekerja sama membersihkan genangan lumpur di sekitar kediamannya.

Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksi kepada para menteri, terkait upaya tanggap darurat dan perbaikan infrastruktur paska bencana agar fokus pada perbaikan jalanan yang rusak pada Jumat (7/2). Untuk proyek ini, pemerintah sudah menyalurkan anggaran sebesar Rp2.027 triliun. Dengan harapan rekonstruksi jalanan yang rusak dapat dilakukan segera.    

Sementara itu, penanganan tanggul dan perbaikan infrastruktur kota menjadi persoalan besar Jakarta. Salah satunya dalam hal sulitnya proses relokasi ribuan warga dari bantaran kali ke tempat lain guna melakukan normalisasi. Namun, secara pasti pemerintah berjanji mulai merehabilitasi infrastruktur yang rusak akibat banjir Jakarta secara bertahap mulai akhir Maret 2014.

Sudah waktunya Jakarta berkaca dari pengalaman banjir besar yang telah terjadi sejak tahun 2013 silam. Wajar bila pemerintah dan masyarakat sudah mulai berpikir untuk berbenah agar bencana banjir tak lagi terulang dikemudian hari, seperti mengubah kebiasaan buang sampah dan mulai merencanakan tempat tinggal yang layak huni.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Gara-Gara Usman-Harun, PM Singapura Blok Facebook SBY

'Sahabat Pers' Jadi Kado PWI untuk SBY

Kemenag Pertimbangkan Usulan SBY Bentuk Ditjen Khonghucu

Inilah Cara Pengungsi Sinabung Hilangkan Jenuh

Starbucks Coffee Dibuat Geram dengan Hadirnya Dumb Starbucks Coffee

Terima Kasih Solusi, Aku Dapat Menjadi Mitra CBN

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami