Vatikan Hadapi Skandal Pelecehan Seks Anak

Internasional / 17 January 2014

Kalangan Sendiri

Vatikan Hadapi Skandal Pelecehan Seks Anak

Lori Official Writer
5744

Pihak Vatikan akhirnya memenuhi proses pemeriksaan oleh Komite Hak Anak PBB di Jenewa Swiss, Kamis (16/1), terkait pada kasus pelecehan seksual anak yang terjadi di dalam kepastoran setelah terlebih dulu melakukan penolakan.

Dihadapan Dewan HAM PBB, Duta Besar Vatikan untuk PBB Uskup Agung Silvano Tomasi menyatakan pembelaan bahwa Vatikan tidak pernah berupaya untuk melindungi pastor yang terlibat pelecehan seksual anak. Ia menegaskan bahwa pada dasarnya vatikan tidak memiliki wewenang untuk mengungkapkan informasi terkait persoalan kepastoran di luar dari Gereja Katolik Roma.

“Pastor bukan fungsionaris Vatikan. Dia adalah warga dari negara tempat dia tinggal. Dia tunduk pada hukum negaranya,” ujar Uskup Agung Silvano, seperti dikutip dari Sky.com, Jumat (17/1).

Pihak Vatikan tidak membantah bilamana skandal pelecehan seksual memang terjadi, namun di luar dari peraturan gereja Katolik. “Kami telah mengakui (terjadinya pelecehan seks anak), namun ada hal-hal yang harus diluruskan,” sebut seorang pejabat Vatikan, Charles Scicuna.

Tuduhan pelecehan seksual anak yang melibatkan sejumlah pastor Gereja Katolik ini, sesungguhnya telah lama bergulir. Namun Dewan HAM PBB menilai bahwa keuskupan tidak mengambil sikap tegas terhadap kasus pelecehan yang dilaporkan kepada Vatikan sejak 1995. Kendati pun telah meretifikasi Konvensi Hak Anak PBB sejak 1990.   

Kasus ini jelas menurunkan kreadibilitas Gereja Katolik Roma yang dipimpin oleh Paus Fransiskus. Namun Paus asal Argentina ini telah membentuk Komite Vatikan untuk memberantas kekerasan seksual dan  akan memberi keadilan kepada para korban.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Masuk ke Gereja, Orang Tak Dikenal Tembak Kepala Pendeta

Ev. Yop Kogoya: Gandeng Tokoh Agama Untuk Atasi Konflik

Superbook Bantu Korban Topan Haiyan Atasi Trauma

Lumpuhkan Bangkok, Ribuan Massa Desak PM Yinluck Turun Tahta

Kematian Ariel Sharon Berkaitan dengan Kedatangan Yesus?

Konselor CBN Siap Sedia 24 Jam Setiap Hari.

Sumber : BBC | Jawaban.com| LS
Halaman :
1

Ikuti Kami