Makanan Tahun Baru di Jepang
Sumber: google.com

Entertainment / 30 December 2013

Kalangan Sendiri

Makanan Tahun Baru di Jepang

Lois Official Writer
3991

Jepang punya cara unik tersendiri dalam menyelenggarakan tahun baru, mulai dari kebudayaan, hari libur, ataupun makanannya. Ada beberapa makanan yang dimakan pada tahun baru, makanan ini biasanya disebut dengan osechi. Lauk pada masakan osechi biasanya sangat manis atau asin. Berikut ini beberapa makanan osechi tersebut :

Sup zoni. Sup berisi mochi dan bahan pelengkapnya direbus bersama. Bahan-bahan lain yang dimasukkan yaitu tahu, umbi, potongan atau bola daging ayam, daun berwarna hijau yang disebut komatsuna / horenzo, bahan berwarna menarik seperti wortel, kamaboko, udang, dan rempah seperti yuzu atau daun mitsuba.

Kuromame yang berarti kacang hitam ini merupakan tipe kacang kedelai yang dimasak dengan sangat manis. Kuromame biasanya dimakan dengan nasi.

Tatsukuri (gomame)

Kombu Maki. Makanan ini terdiri dari babi atau ayam dengan wortel dan sejenis akar tanaman gobo yang dibungkus dengan rumput laut, kemudian diikat dengan kanpyo (irisan calabash, melon panjang yang berbentuk seperti botol tuak).

Kamaboko. Makanan olahan ini merupakan ikan yang dihaluskan, dicetak di atas sepotong kayu, dan dimatangkan dengan cara dikukus. Irisan kamaboko bisa langsung dimakan begitu saja atau digunakan sebagai pelengkap dan hiasan berbagai macam makanan berkuah seperti ramen, soba, atau udon.

Kurikinton merupakan kentang yang dihaluskan, dicampur dengan kacang chestnuts (dalam bahasa Jepang disebut kuri) dan rasanya manis.

Kazunoko adalah makanan dari ikan herring yang dibuat asin.

Datemaki. Makanan yang terbuat dari telur ini dicampur ikan dan udang yang dilumatkan serta diberi mirin dan gula dalam jumlah banyak sehingga terasa sangat manis. Semua bahan dipanggang dengan penggorengan segi empat hingga mengeras dan seperti kue setelah matang, kemudian digulung seperti bolu gulung.

Daidai, jeruk pahit Jepang.

Konbu adalah sejenis rumput laut

Kohaku-namasu adalah campuran lobak dan wortel yang dipotong memanjang dan ditambahkan cuka dengan rasa yuzu.

Tai adalah makanan yang berbahan dasar ikan air tawar dan ikan laut.

Tazukuri adalah sarden yang dikeringkan, yang dimasak dengan saus kedelai.

Ebi adalah udang besar yang dimasak dengan sake dan saus kedelai.

Nishiki tamago adalah telur rolet yang sudah dipisahkan sebelum dimasak.

Unik bukan bagaimana suatu kebudayaan, seperti di Jepang yang sudah kita bahas ini menjadikan tahun baru lebih meriah. Bagaimana dengan rencana tahun baru Anda? Adakah sesuatu yang ingin atau tradisi apa yang biasanya Anda lakukan? Yang pasti, tentu harapannya di tahun baru semakin lebih baik lagi.

 

Baca juga :

10 Langkah Komitmen Berumah Tangga (1)

Semakin Banyak Penggemar Superbook

Peluang Usaha Baru : Iklan di Tisu Toilet

Ini Dampaknya Sering Lembur

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami