Kitab Mazmur, Buku Termahal di Dunia Seharga Rp167 M
Sumber: canva.com

News / 29 November 2013

Kalangan Sendiri

Kitab Mazmur, Buku Termahal di Dunia Seharga Rp167 M

Lori Official Writer
11467

Kitab Mazmur yang disebut sebagai buku pertama Amerika Serikat menjadi buku termahal di dunia. Pasalnya, kitab berjudul ‘Bay Psalm Book’ ini terjual seharga 14.2 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp167 milliar dalam lelang di Sotheby’s, New York, Selasa (26/11) malam.

Menurut warta CNN, David Rubenstein, seorang miliarder dan filantropi asal Amerika Serikat adalah pemilik barunya. Ia pun berencana untuk meminjamkannya ke berbagai perpustakaan di Amerika.

Buku ini tentu istimewa lantaran merupakan buku yang pertama kali dicetak pada tahun 1640 di Cambridge, Massachusetts, dan menjadi buku terlangka di dunia.

“Kitab ini sangat berharga karena ini merupakan awal dari peradaban Barat di negara kita. Bahkan ini puisi pertama Amerika,” kata David Redden, wakil kepala rumah lelang Sotheby’s.

Untuk diketahui, Kitab ini adalah terjemahan bahasa Inggris Kitab Mazmur dari Alkitab Perjanjian Lama yang sebelumnya menjadi milik Gereja Old South di Bosto. Sayangnya, harus dijual untuk membiayai perbaikan gedung gereja dan sejumlah kegiatan.

Kitab Mazmur yang dicetak pertama kali tersebut merupakan bagian sejarah dari Alkitab. Dengan itu, kiranya Kitab ini dapat tetap dilestarikan dan tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak pantas.

Sumber : Antaranews.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami