Dampak Buruk Komputer Di Kamar Anak

Psikologi / 3 August 2013

Kalangan Sendiri

Dampak Buruk Komputer Di Kamar Anak

daniel.tanamal Official Writer
4675

Para ilmuwan dari The University of Helsinki Finlandia melakukan penelitian yang melibatkan 353 anak berusia 10 hingga 11 tahun. Mereka menanyai anak-anak tersebut tentang letak TV dan komputer serta kebiasaan tidur mereka. Para peneliti kembali mengulangi lagi 18 bulan setelahnya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa komputer dapat mengganggu jadwal tidur anak dan memicu kesulitan mengingat. Oleh karena itu pula, anak yang kamarnya dilengkapi komputer cenderung mendapat nilai buruk di sekolah.

Untuk itu para ahli menganjurkan, komputer dan televisi sebaiknya tidak diletakkan di kamar anak. Karena menurut mereka, tidur sangat penting bagi anak, terutama usia menjelang remaja. Tidur bermanfaat bagi pemindahan informasi dari ingatan jangka pendek ke jangka panjang yang berguna untuk mengingat pelajaran.

Selain itu tersedianya komputer di kamar membuat anak-anak cenderung keranjingan bermain game sehingga mengurangi waktu tidur mereka. Begitu pula TV yang membuat anak cenderung tidak berolahraga dan tidak lelah di waktu seharusnya mereka tidur.

Cahaya yang dikeluarkan layar dapat memicu perubahan hormonal dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon, terutama yang berhubungan dengan hormon tidur, menjadi penyebab kesulitan tidur.

 

 


Sumber : KompasHealth
Halaman :
1

Ikuti Kami