Raja Qatar Serahkan Tahta: Saatnya Generasi Baru Mengambil Alih
Sumber: Sheikh Hamad bin Khalifa aKarim Jaafar/A

Nasional / 26 June 2013

Kalangan Sendiri

Raja Qatar Serahkan Tahta: Saatnya Generasi Baru Mengambil Alih

Puji Astuti Official Writer
7133

Seperti tidak ingin mengulangi sejarah kelam yang pernah terjadi,  Raja Qatar atau emir,  Syekh Hamad bi Khalifa Al Thani (61) mengumumkan akan menyerahkan tahta kepada putranya, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani(33).

Jika pada tahun 1995, Syekh Hamad mengambil alih kekuasaan dengan paksa dari ayahnya, dalam sebuah peristiwa kudeta tak berdarah yang membuat ayahnya Khalifa bin Hamad Al Thani turun tahta, kali ini Syekh Hamad membuat sebuah sejarah dengan kerelaannya memberikan tongkat kepemimpinan kepada anaknya, sebuah peristiwa langka di dunia Arab modern yang akhir-akhir ini diwarnai revolusi.

"Saya sangat yakin bahwa dia siap dengan tanggung jawab ini, layak untuk dipercaya, dan mampu untuk memikul tanggung jawab dan menyelesaikan misi," demikian ucap Syekh Hamad dalam sebuah video yang dirilis oleh al-Jazeera TV, Selasa (25/6).

Menurut Syekh Hamad, keputusannya itu untuk kebaikan negeri tersebut, dan ia sedang mempersiapkan jalan bagi pemimpin muda. Kepemimpinan Qatar telah didominasi oleh keluarga Al Thani selama hampir 150 tahun. Syekh Tamim diangkat menjadi putra mahkota pada tahun 2003 menggantikan kakaknya, Syekh Jassim bin Hamad Al Thani.

Qatar sepertinya tidak ingin mengalami gejolak sosial dan politik seperti di negara-negara tetangganya, Tunisia, Mesir ataupun Libya. Jika suksesi kepemimpinan ini berjalan mulus maka Qatar menjadi salah satu negara di wilayah Teluk yang melakukan regenerasi kepemimpinan dengan baik. Mempersiapkan pemimpin-pemimpin berikutnya dan memberikan mereka jalan untuk mengemban tanggungjawabnya adalah sebuah kunci keberhasilan dalam sebuah kepemimpinan.

Baca juga artikel lainnya :

Kubu Oposisi Mesir Siap Jatuhkan Presiden Morsi

Brutalnya Konflik Suriah, Korbankan Anak-anak

PBB Kembali Kecam Terbunuhnya Anak-anak dalam Perang Suriah

Waspadai 7 Area Pemicu Alergi Ini di Rumah Anda!

Emergency Team,Tolong Doakan Operasi Kedua Anak Saya!

Sumber : BBC | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami