Peringati Hari Lansia, Acara Bagi Bunga Dilakukan

Nasional / 30 May 2013

Kalangan Sendiri

Peringati Hari Lansia, Acara Bagi Bunga Dilakukan

daniel.tanamal Official Writer
4205

Hari Lanjut Usia (Lansia) yang jatuh pada hari ini Rabu (29/5), diperingati dengan aktivitas para lansia yang membagi-bagikan bunga di Pasar Juwiring Klaten Jawa Tengah. Mereka mendatangi Pasar Juwiring sambil membawa sejumlah bunga dan langsung diberikan kepada pedagang di pasar yang usianya juga sudah lanjut.

Sambil mengucapkan selamat Hari Lansia, para kakek dan nenek tersebut menyerahkan bunga dan mencium pipi sebagai ungkapan kasih sayang sesama Lansia. Setelahnya mereka melakukan senam kesegaran dan menyelenggarakan beberapa perlombaan.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon hingga saat ini masih minim kebijakan pemerintah yang pro terhadap kaum lansia. "Peringatan Hari Lansia ini penting. Jumlah lansia terus meningkat seiring naiknya harapan hidup. Sementara kebijakan lansia di Indonesia masih minimalis, sehingga lansia cenderung terabaikan dan tak mendapat jaminan hari tua," nilainya, di Jakarta, Rabu (29/5).

Rencananya juga untuk menghormati dan mendukung kaum Lansia, akan diselenggarakan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Taman Wisata Mekarsari Bogor pada 29 Mei 2013 nanti. "Potensi lansia masih dianggap sangat rendah. Dengan diadakannya acara puncak peringatan HLUN ini, diharapkan lansia bisa kembali dipandang sebagai sosok yang mandiri," imbuh Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial RI, Drs. Samsudi,  di Jakarta, Kamis (23/5).

Tahun ini, acara puncak HLUN mengambil tema: 'Lanjut Usia Pelopor Jati Diri Bangsa'. Tema ini mengandung makna bahwa lansia sesungguhnya adalah sosok yang menyatukan bangsa dan pernah mengambil bagian dalam kehidupan negara, namun saat ini kesehatan lansia masih belum mendapat perhatian lebih dari masyarakat.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami