Romo Edy: Kesatuan Gereja Untuk Bangsa
Sumber: jawaban.com

Nasional / 15 May 2013

Kalangan Sendiri

Romo Edy: Kesatuan Gereja Untuk Bangsa

Budhi Marpaung Official Writer
4052

Romo YR. Edy Purwanto selaku Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) mengajak seluruh umat Tuhan untuk mewujudkan semangat kesatuan gereja untuk melayani bangsa dan melayani masyarakat secara lebih luas. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri pertemuan koordinasi para pemimpin lembaga aras gereja nasional di Gedung ReachOut Foundation, Jalan Teluk Betung 41, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

“Kesatuan itu bukan hanya intern gereja tetapi kesatuan yang konkrit. Kalau dalam konteks Indonesia ini adalahkesatuan gereja untuk bangsa. Maka saya mengajak umat supaya mewujudkan semangat kesatuan gereja, semangat kesatuan umat Allah ini untuk melayani bangsa, melayani masyarakat secara lebih luas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Romo Edy mengungkapkan bahwa tujuan kesatuan itu adalah agar dunia percaya. Namun percaya bukan berarti harus menjadi Katolik atau Kristen tapi menempatkan Tuhan di dalam kehidupannya sebagai yang utama.

“Kesatuan gereja yang kita cita-citakan adalah kesatuangereja yang dilandasi oleh cinta kepada Allah dan kepada sesama. Tujuannya seperti yang dikatakan Yesus agar dunia percaya. Percaya tidak berarti harus menjadi Katolik atau Kristen, tapi percaya dalam arti kemudian orang itu benar-benar menempatkan Allah, menempatkan Tuhan di dalam kehidupannya sebagai yang utama,” ujarnya.

“Karena selama ini kalau kita amati, banyak orang yang menyebut punya Tuhan, punya agama, punya gereja, atau punya tempat ibadah tertentu, tapi perilakunya sangat menyimpang jauh dari apa yang diungkapkannya, apa yang diklaimnya selama ini bahwa ia adalah orang yang beriman atau orang yang beragama, atau orang yang mempunyai sebuah ideologi rohani tertentu,” jelasnya.

“Maka kemudian kesatuan yang ingin kita upayakan adalah kesatuan yang memberi kesaksian bahwa kita ini sungguh-sungguh menghadirkan Kerajaan Allah. Yesus juga mengatakan hal yang sama, semoga mereka bersatu dan mereka juga memberikan kesaksian. Hanya ketika kita saling mengasihi maka di situ Kerajaan Allah itu menjadi nyata. Kita layak disebut sebagai anak-anak Dia,” tambahnya.

Romo Edy menyebutkan sangatlah penting bagi para tokoh agama untuk menjadi teladan bagi umat dalam menunjukkan kesatuan dan persaudaraan. Dan persaudaraan itu bukanlah persaudaraan yang semu namun lahir dari kedalaman hati.

“Saya bersama-sama dengan tokoh agama yang lain perlu menunjukkan bahwa kita ini bisa bersaudara. Bukan hanya persaudaraan yang semu, persaudaraan yang istilahnya hiasan permukaan saja tetapi memang betul-betul persaudaraan yang keluar dari kedalaman hati sebagai tokoh-tokoh agama. Harapannya adalah bahwa dari apa yang diwujudkan oleh para tokoh agama ini kemudian menjadi semacam contoh bagi umat pada umumnya,” ungkapnya.

Tak hanya di antara para tokoh agama, Romo Edy juga menghimbau kepada seluruh umat untuk membangun persaudaraan sejati di levelnya masing-masing.

“Saya mencoba untuk selalu mengajak umat terutama kepada umat Katolik, umat saya sendiri, untuk membangun persaudaraan sejati di levelnya masing-masing. Sampai tingkat grass root atau tingkat akar rumput yang memang persaudaraanmu ada di situ. Kalau kamu memandang ke atas, kamu menyaksikan para pemimpinnya duduk bersama, menjadi juga kesempatan buatmu untuk bersama-sama dengan saudara-saudaramu yang ada di kanan kirimu. Seperti itu yang terus kami (para pemimpin, red) upayakan supaya persaudaraan sejati itu menjadi sungguh terealisir atau terwujud,” tutupnya.

Kesatuan gereja bukanlah suatu hal yang akan terjadi dengan sendirinya namun tumbuh dari kesadaran setiap pribadi yang mengaku sebagai pengikut Kristus untuk mengejawantahkan doa Tuhan Yesus dalam Yohanes 21:17 dalam kehidupan sehari-hari.

Event ini hanyalah awal dari sebuah gerakan yang akan terus bergulir membawa dampak yang besar bagi negeri ini. Mari bersama kami miliki komitmen bersama dalam Celebration Of Unity yang akan digelar pada 18 Mei 2013 mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

 

Ingin tahu berita lainnya tentang Celebration of Unity (COU)? akses saja ke cou.jawaban.com...


Baca juga :

43 Tokoh Kristen Internasional Hadiri Celebration of Unity di Senayan

 3 Ciri Anda Lagi Diperbudak Pacar Anda

Forum JC : Dokumentasi Kopdar Photo Hunting Mei 2013

Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif & Inspiratif ! (Lomba)

Sumber : Lestari E.P. ? Celebration Of Unity / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami