Misil Korea Utara Serang Daratan AS, Mungkinkah?

Nasional / 11 April 2013

Kalangan Sendiri

Misil Korea Utara Serang Daratan AS, Mungkinkah?

Yenny Kartika Official Writer
6286

Beberapa minggu belakangan ini kita melihat maraknya pemberitaan seputar agresi yang hendak dilancarkan Korea Utara terhadap Amerika Serikat dan Korea Selatan. Pyongyang menyatakan akan menyerang musuh-musuhnya tersebut tanpa ampun. Namun, benarkah negara kecil ini sanggup merealisasikan ancamannya? Siapa sebetulnya yang paling berisiko terkena dampak misil Korea Utara?

Pengamat memang meyakini bahwa Korut saat ini belum punya kemampuan misil yang cukup untuk hulu ledak nuklir. Namun, uraian di bawah menjelaskan beberapa persenjataan konvensional yang diyakini tersimpan di gudang senjata Korut. Berikut ini 6 persenjataan Korut serta jangkauan serangan yang dapat dicapainya:


 

 

 

#1 SCUD D (status: beroperasi)

SCUD D

Jangkauan: 700 km

Daerah serangan meliputi Korea Selatan dan beberapa bagian Jepang. Jarak terdekat antara daratan Korut dengan Jepang adalah 1.300 km.

 

#2 NODONG (status: beroperasi)

NODONG

Jangkauan: 1.000 km

Daerah serangan meliputi Jepang dan beberapa pangkalan AS di kawasan Pasifik.

 

#3 TAEPODONG 1 (status: belum dikonfirmasi)

TAEPODONG 1

Jangkauan: 2.000 km

Kemampuan senjata ini belum didemonstrasikan sepenuhnya, namun daerah serangan diperkirakan meliputi Jepang, sebagian Rusia dan Asia Tengah, serta beberapa pangkalan AS di kawasan Pasifik.

 

#4 TAEPODONG X (status: belum dikonfirmasi)

TAEPODONG X

Jangkauan: 4.000 km

Memiliki nama lain ‘Musudan’, misil ini belum pernah diuji di depan publik. Daerah serangan diperkirakan meliputi India, Asia Tengah, Filipina, dan beberapa pangkalan AS di kawasan Pasifik.

 

#5 TAEPODONG 2 (status: belum dikonfirmasi)

TAEPODONG 2

Jangkauan: 6.700 km

Kemampuan senjata ini belum didemonstrasikan sepenuhnya, namun daerah serangan diperkirakan meliputi Australia, Guam, dan kemungkinan Alaska atau Hawaii.

 

#6 UNHA-3 (status: belum dikonfirmasi)

UNHA-3

Jangkauan: 10.000 km

UNHA-3 belum pernah diuji sebagai misil, namun daerah serangan diperkirakan meliputi seluas mungkin daratan AS. Jarak terdekat antara daratan Korut dengan AS adalah sekitar 5.500 mil atau sekitar 8.850 km.

 

Uraian pengamat menunjukkan bahwa misi Korut untuk menyerang pangkalan AS hingga ke Jepang dan Guam cukup realistis. Tampaknya AS beserta Korsel harus siap-siap dan ekstra waspada dalam menghadapi serangan Pyongyang…

 

Sumber semua gambar: Federation of American Scientists, Council on Foreign Relations, IHS Jane's Defense & Security Intelligence and Analysis

 

BACA JUGA:

Hendak Benahi Ekonomi, Korea Utara Bersikeras Kembangkan Nuklir

Kim Jong Un Kembali Keluarkan Ancaman

Inilah Foto dan Nilai Kuliah Adam Lanza, Si Penembak Sandy Hook

Jatuh Bangun dalam Bisnis, Namun Bebas dari Hutang!

Sumber : CNN | YK
Halaman :
1

Ikuti Kami