Ketahuan Peras Turis, Mabes Polri Tindak Tegas Polisi Bali
Sumber: kompas.com

Nasional / 5 April 2013

Kalangan Sendiri

Ketahuan Peras Turis, Mabes Polri Tindak Tegas Polisi Bali

Budhi Marpaung Official Writer
3928

Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tidak akan pernah mentolerir setiap tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh anggotanya. Demikian pernyataan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menanggapi kasus oknum Polisi Bali yang tertangkap basah sedang memeras seorang turis asal Belanda.  

"Kami komitmen pelanggaran sekecil apa pun kita tindak tegas. Apa itu kaitannya dengan masalah disiplin atau etika," ujar Kapolri di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (4/4).

Dikatakan Kapolri, kasus oknum Polisi Bali peras turis kini langsung ditangani oleh Mabes Polri. Sampai saat ini tahap penanganan kasus tersebut sudah masuk ke proses tindak lanjut.   

Sebagaimana diketahui, sebuah video berjudul ‘Polisi Korupsi di Bali’ beredar di Youtube beberapa hari belakangan. Video berdurasi 4 menit 50 detik itu memperlihatkan kelakuan seorang polisi di Bali yang memeras seorang pria turis bernama Van Der Spek yang ketahuan tidak memakai helm saat berkendara motor di jalan raya.

"Kalau di pengadilan, kamu harus membayar Rp 1.250.000, tapi kalau di sini, hanya Rp 200.000 saja," ujar polisi itu.

Van Der Spek pun memberikan uang seperti yang dimintakan oleh sang oknum polisi. Namun, selesai urusan tilang menilang, Van Der Spek justru diajak oleh oknum polisi untuk minum minuman keras.

Pada bagian akhir video, oknum polisi dan Van Der Spek menenggak minuman beralkohol yang dibeli dari hasil uang korupsi sang oknum polisi.

Video Youtube ‘Polisi Korupsi di Bali’ jelas tidak hanya mencoreng wajah Polri, tetapi juga wajah Indonesia di dunia internasional. Oleh sebab itu, baik Kapolri maupun Presiden perlu lebih serius mereformasi korps Bhayangkara.

Semoga saja kejadian di Bali menjadi yang terakhir dan ke depan tidak ada lagi polisi yang bermain-main dengan hukum. Polri pasti bisa bersih, pasti !


Baca juga :

Abraham Alex Tanuseputra Diduga Palsukan Akte Pendirian Gereja

KWI : Kami Bersukacita Atas Terpilihnya Paus Fransiskus

Perempatfinal Liga Champions 2013 : Prediksi PSG vs Barcelona

Prediksi Liga Champions 2013 : Bayern Munchen vs Juventus

Inilah Jadwal Perempat Final Liga Champions 2013

Prediksi Liga Champions 2013 : Manchester United vs Real Madrid

Inilah Pesan Paskah PGI Tahun 2013 (1)

Setelah Mantan Jenderal, SBY Temui Para Pemred Media

The Way You Love Me

Sumber : kompas.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami