Dana Operasional Pribadi Dipangkas Jokowi-Ahok

Nasional / 2 March 2013

Kalangan Sendiri

Dana Operasional Pribadi Dipangkas Jokowi-Ahok

Lois Official Writer
2741

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta memangkas penggunaan dana operasional pribadi (DOP) yang harusnya bisa mereka gunakan untuk kepentingan pribadi dalam menjalankan pemerintahan DKI untuk lima tahun ke depan. Adapun besaran yang harusnya mereka terima adalah 0,15 persen dari total pendapatan asli daerah (PAD) yang ditetapkan DPRD DKI setiap tahunnya.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada Senin (25/2). Adapun besaran yang mereka terima hanya 0,1 persen dari PAD yang telah ditetapkan. Jika jumlah ditargetkan tercapai, maka PAD DKI Jakarta sekitar 26 triliun rupiah. Dengan 0,1 persen DOP, maka yang diterima Jokowi dan Ahok pada 2013 mencapai Rp 26,6 miliar. Dana tersebut akan dibagi dua yaitu Rp 13,3 miliar per tahun atau Rp 1,1 miliar per bulan.

DOP yang diberikan tahun ini berbeda dengan kepala daerah sebelumnya, dimana Gubernur DKI Jakarta akan mendapat 75 persen dan Wagubnya mendapatkan 25 persen. “Tunjangan dana operasional kita terima per tahun kok, dibagi dua kan. Dulu Pak Foke baginya 75 persen untuk gubernur dan 25 persen untuk wakil gubernur. Lihat saja di website. Lumayanlah besarannya tidak kalah dengan profesional juga,” kata Ahok.

Penggunaan DOP ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur yang bersentuhan dengan kebutuhan rakyat serta kebutuhan pribadi mereka dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah. “Digunakannya untuk macam-macam. Biasa, ditambah untuk lemburan, insentif, kawinan, dan segala macamnya dari situ,” kata Ahok, Selasa (26/2).

Dengan adanya keterbukaan dengan DOP ini kita tentunya tahu bahwa Gubernur DKI maupun wakilnya bisa memberikan sumbangan dengan uang yang sudah tersedia tersebut. Tentunya kita juga berharap, uang yang dialokasikan ini dapat digunakan dengan sebaik mungkin karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pun akan mengauditnya.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

4 Langkah Mudah Untuk Mengampuni

Minimalkan Dampak Cerai Pada Anak Versi Para Ahli

Berbagai Efek Buruk Minuman Soda Bagi Keindahan Tubuh

Resep Pempek Lenggang, Pempek yang Telur Banget

Sumber : inilah.com-kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami