Upah Minimum Tinggi, 10 Perusahaan Korsel Hengkang Diam-Diam

Nasional / 26 January 2013

Kalangan Sendiri

Upah Minimum Tinggi, 10 Perusahaan Korsel Hengkang Diam-Diam

Lois Official Writer
2733

Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Franky Sibarani menuturkan bahwa ada 10 perusahan padat karya asal Korea Selatan yang berniat hengkang dari Indonesia tahun ini. Kesepuluh perusahaan tersebut tidak mau dipublikasikan, bahkan menurutnya mereka tidak akan melapor pada pemerintah.

“Kalau dipublikasi, nanti mereka didemo lagi, kan mereka susah,” ungkap Franky seperti yang dirilis detik.com. “Susah, pemerintah juga akan membiarkan proses (demonstrasi) itu. Jadi bagaimana mau lapor, lapor juga rugi,” jelasnya lagi.

Di antara 10 perusahaan tersebut, menurut Franky ada 2 perusahaan yang sudah hengkang diam-diam pada Desember 2012. “(sedangkan sisanya) Januari ini sedang pada proses, triwulan I itu sudah pada hengkang,” sambungnya. Karena itu diperkirakan bakal ada 10 ribu karyawan yang terkena PHK akibat hengkangnya 10 perusahaan ini, karena merupakan perusahaan padat karya atau perusahaan yang memang membutuhkan banyak tenaga kerja dan bukannya mesin.

Kesepuluh perusahaan ini ingin pindah karena kenaikan upah yang sangat tinggi. Rencananya mereka akan memindahkan investasinya ke negara tetangga seperti Kamboja, Vietnam, bahkan China. “Kamboja itu UMP di sana hanya Rp 400.000/bulan tetapi minim infrastruktur jadi belum begitu bagus. Vietnam dan China upah mereka lebih rendah 15% (dari Indonesia),” kata Sekjen Apindo Suryadi.

Tentu hal ini mempengaruhi perekonomian Indonesia. Ada baiknya setiap orang berpikir untuk menciptakan lapangan kerja baru dan mengembangkan sayapnya sehingga membuat negara kita tidak bergantung pada investor luar negeri.

 

Baca juga :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Muntaber? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan 

Cara Buat Ayam Bakar Kalasan Super Enak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Tuhan Peduli Bagaimana Akhir dari Jalan Hidupmu

Masalah Bikin Ortu Depresi, Awas Anak Terpengaruh Juga

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami