Atasi Masalah Banjir, Ahok Gunakan Teknologi Sedot Lumpur

Nasional / 4 January 2013

Kalangan Sendiri

Atasi Masalah Banjir, Ahok Gunakan Teknologi Sedot Lumpur

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3104

Mengatasi permasalahan banjir menjadi salah satu agenda kerja pemerintah DKI Jakarta. Berkaitan dengan hal itu, Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama menggelar pertemuan dengan Tim Peneliti Bio Energy Legacy Pty Ltd pada Kamis (3/1), untuk membahas tentang alternative pembersihan sungai di seluruh wilayah Jakarta.

Perwakilan Tim Peneliti Bio Energy Legacy Pty Ltd, Adilwan mengatakan dalam pertemuan tersebut, pihaknya mengajukan teknologi yang cara kerjanya seperti vacuum cleaner untuk dapat menyedot lumpur yang ada di sungai-sungai.

"Sungai dibersihkan dan dikeruk, kalinya jadi bersih. Nanti mau diajukan acuannya. Teknologi seperti vacuum cleaner. Seperti menyedot sumsum tulang," jelas Adilwan seperti dikutip dari laman Kompas.

Teknologi yang digunakan oleh DKI untuk membersihkan sungai selama ini masih sangat konvensional, karena itu alternatif ini pun dianggap angin segar untuk segera mengentaskan masalah sungai di Jakarta.

“Beliau memberikan respons sangat positif bahwa teknologi seperti ini memang sangat dibutuhkan. Ini diperlukan kinerja dengan Pemprov DKI, bukan hanya dilepas dari swasta," kata Adilwan.

Ahok sendiri mengaku bahwa dirinya sudah pernah mengetahui tentang teknologi ini, hanya saja Jakarta yang enggan membeli dan menggunakannya. "Itu sudah teknologi. Cuma memang Jakartanya yang tidak mau menggunakannya," ungkapnya.

Wacana penggunaan alternatif ini untuk membersihkan sungai-sungai di Jakarta menjadi salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah untuk mengetaskan masalah bajir di Jakarta. Namun demikian, hal ini tidak dapat berjalan baik tanpa dukungan dan kesinergian dari seluruh elemen masyarakat Jakarta untuk menciptakan Jakarta yang bebas banjir.

Baca juga : 

Langit dan Bumi Baru (Part 2)

Sudah Disediakan Allah

3 Aktivitas Jitu Atasi Kelelahan

Sumber : kompas/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami