Kartu Natal Spesial untuk Para Pelaku Kriminal

Nasional / 12 December 2012

Kalangan Sendiri

Kartu Natal Spesial untuk Para Pelaku Kriminal

daniel.tanamal Official Writer
2237

Sebuah sosialisasi keamanan yang disesuaikan dengan Natal dilakukan oleh kepolisian kota di British Columbia, Kanada. Demi menekan tindak kriminalitas, mereka membuat kartu natal spesial untuk dikirimkan kepada para pelaku kriminal. Memang hasilnya belum terlihat, namun ide ini cukup unik dan fenomenal.

Pihak kepolisian sendiri telah mengirimkan kartu dengan design petugas kepolisian berpakaian Sinterklas, mengenakan rompi antipeluru, helm, dan menyandang senapan otomatis itu kepada para pelanggar hukum, pelanggar hak properti, serta untuk mereka yang terlibat narkotika dan aktivitas geng. “Which list will you be on next year?” begitu bunyi pesan pada kartu natal tersebut.

Pengiriman kartu yang diberi nama sandi Operasi Resolusi ini diharapkan akan membuat para pelaku kriminal berpikir mengenai menjalankan kebaikan ketimbang kejahatan. Selain itu, kartu natal yang ditandatangani oleh kepala polisi setempat Bob Rich ini juga mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi jika para pelaku kriminal ingin mengubah hidup mereka.

“Kami berpikir jika kami mengirimkan sebuah pesan yang “berani”, masyarakat dapat berpikir mengenai pulang ke rumah dengan aman untuk hari natal. Anda bisa bepergian, anda bisa tetap aman, tapi anda juga harus membuat pilihan,” kata Bob mengenai ide pembuatan kartu yang diharapkannya menjadi kontroversi dan diliput media massa ini.

“Terkadang sedikit humor akan membantu anda menyampaikan sebuah pesan yang sulit dipahami. Ini bukan reaksi semata saja, namun sebuah tindakan proaktif. Petugas kepolisian adalah salah satu alat untuk membuat perubahan,” ungkap Allan Asaf, direktur eksekutif dari komunitas bisnis Chamber of Commerce Abbotsford di kota itu.

Berbagai cara selalu dilakukan oleh pihak berwenang untuk menanggulangi aksi kriminalitas. Cara seperti ini mungkin terlihat tidak efektif dan terkesan mencari perhatian, namun sebuah langkah kecil yang unik dapat menjadi penerang untuk menyebarkan pesan kebaikan yang berdampak positif.

 


Sumber : AFP - Canada.com
Halaman :
1

Ikuti Kami