Budaya Buruk Warga Jakarta yang Perlu Diubah Versi Jokowi

Nasional / 10 December 2012

Kalangan Sendiri

Budaya Buruk Warga Jakarta yang Perlu Diubah Versi Jokowi

Lois Official Writer
2903

Tantangan berat untuk Gubernur DKI Jakarta yang baru menjabat selama kurang lebih baru dua bulan ini. Permasalahan yang kerap melanda Jakarta seperti macet dan banjir sering membuat rakyat resah dan kecewa. Dalam peringkat lembaga konsultan Mercer, Jakarta bahkan tidak masuk 100 besar kota layak huni. Ternyata sedikit banyak hal itu berasal dari kebiasaan buruk warga Jakarta, seperti yang dikeluhkan Jokowi :

Buang Limbah Sembarangan

“Sungai-sungai utama dulu pengerukannya dikejar supaya dipercepat kalau ga ya tiap tahun kita akan gini terus,” kata Jokowi. Pengerukan sungai akan menjadi prioritas dalam mengatasi banjir di DKI Jakarta. Tumpukan sampah yang kerap menggenangi kali akan dibersihkan. “Penanganan limbah rumah tangga ini segera dilaksanakan. Dibandingkan kota lain, Jakarta hanya bisa mencapai 2.38 persen. Lainnya sudah mencapai 60 persen, bahkan Singapura sudah 100 persen. Kita perlu kejar,” ujarnya. Selain limbah rumah tangga, masyarakat Jakarta juga buang sampah sembarangan sehingga banjir datang tiap kali musim hujan tiba.

Jakarta Dengan Wajah Berantakan

Berantakannya wajah Jakarta disebabkan oleh spanduk dan reklame yang bertebaran di mana-mana. “Oleh sebab itu, yang spanduk, bendera, baliho itu harus diatur semuanya. Ada ruang khusus untuk itu,” kata Jokowi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lampu Merah Pun Dilabrak

Rambu-rambu di jalan dibuat untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas, namun seringkali dijumpai pengendara mobil ataupun motor di Jakarta melabrak rambu meski menunjukkan warna merah. Untuk mengubah perilaku pengendara di jalan tidaklah mudah, dibutuhkan sistem yang jelas dan perubahan budaya. “Masyarakat harus punya kesadaran untuk tertib lalu lintas, budaya tertib, kalau tidak tiap hari mentok kayak itu terus,” ujar Jokowi, Sabtu (24/11).

Fasilitas Umum Tak Dijaga

“Tanyakan ke aparat. Mestinya seluruh masyarakat mempunyai rasa memiliki. Itu fasilitas masyarakat, fasilitas kota, sehingga semuanya harus menjaga, memelihara,” ujar Jokowi, Senin (12/11). Jokowi mengatakan, nantinya di setiap halte TransJakarta akan dipasang CCTV dan juga di setiap kelurahan, kecamatan, dan terminal.

Itulah beberapa kebiasaan jelek yang sering dilakukan masyarakat Jakarta. Tentunya setiap hal saling mempengaruhi satu sama lain. Jika tidak tertib dalam berlalu lintas, maka kemacetan akan terjadi. Jika buang sampah sembarangan akan membuat banjir. Jika perbuatan kita mempengaruhi hal lain bahkan suatu kota, maka kita perlu memperhatikan dan menjaganya lebih lagi.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Tempat Nyaman dan Aman Menunggu Kiamat Agar Selamat

Resep Gingerbread, Kue Natal yang Unik

Natal Bermakna Bagi Pasangan, Jika Ada Yesus di Dalamnya

Gigi Copot? Kini Bisa Ditumbuhkan Lagi Lho!

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami