Gedung Pencakar Langit Ini Ditarget Selesai Dalam 3 Bulan

Nasional / 24 November 2012

Kalangan Sendiri

Gedung Pencakar Langit Ini Ditarget Selesai Dalam 3 Bulan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2548

Cina bersiap membangun gedung pencakar langt tertinggi di dunia dalam waktu tiga bulan. Sebuah perusahaan kontruksi di Cina mengungkapkan, gedung yang diberi nama Sky City, akan dibangun di Changsha, Cina Tenggara. Bangunan 220 lantai itu akan memiliki ketinggian 2.749 kaki (838 meter) dan akan menjadi properti hunian bagi 17.400 orang lengkap dengan fasilitas hotel, rumah sakit, sekolah dan perkantoran.

Bangunan setinggi setengah mil itu lebih tinggi 32 kaki dari bangunan tertinggi saat ini, Burj Khalifa di Dubai. Biaya pembangunannya diperkirakan hanya setengahnya. Apabila bangunana ini terealisasi, maka sembilan dari 10 pencakar langit tertinggi di dunia akan berada di Asia.

Untuk mempercepat proses pembangunan, Broad Group menggunakan metode revolusioner dimana blok dibangun di luar lokasi dan dipasang bersamaan. Setidaknya ada lima lantai berdiri setiap harinya. Meskipun ada kekhawatiran tentang kekakuan strukturnya, pengembang mengatakan bangunan itu akan mampu menahan gempa berkekuatan 9,0 skala Richter. 

Sky City diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp 6,1 triliun, jauh lebih kecil daripada biaya Burj Khalifa Rp 14,1 triliun yang memakan waktu lebih dari lima tahun untuk pembangunanannya.

Sejauh ini, perusahaan kontraksi yang pernah membangun gedung 30 lantai dalam 15 hari ini masih menunggu persetujuan akhir dari pemerintah Cina. Mereka berharap proyek ini dimulai menjelang akhir Desember dan akan selesai sebelum April 2013.

 

Sumber : tempo/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami