Paus : Yesus Lahir Beberapa Tahun Lebih Awal

Internasional / 23 November 2012

Kalangan Sendiri

Paus : Yesus Lahir Beberapa Tahun Lebih Awal

Lois Official Writer
4141

Paus Benediktus XVI mengklaim bahwa Yesus sebenarnya lahir beberapa tahun lebih awal dari yang selama ini diyakini. Karena itu, kalender masehi yang didasarkan kelahiran Yesus itu berarti mencatat waktu yang salah. “Penghitungan awal kalender kita – yang didasarkan pada kelahiran Yesus – dibuat oleh Dionysius Exiguus, yang ternyata telah membuat kesalahan dalam penghitungannya sekitar beberapa tahun,” kata Paus, seperti dilansir The Telegraph, Kamis (22/11).

Pernyataan ini diungkapkannya di dalam sebuah buku barunya berjudul “Jesus of Nazareth : The Infancy Narratives.” Dionysius Exiguus dari abad ke-6 itu selama ini diberi gelar sebagai pencipta kalender modern dan penemu konsep era Anno Domini atau yang dikenal sebagai AD.

Sebelumnya, penanggalan didasarkan pada tahun saat dimulainya pendudukan kekaisaran Roma, Diocletian yang menganiaya penganut Kristen. Setelah pria yang berjulukan Dennis the Small ini menciptakan sistem baru, maka digunakanlah kalender ciptaannya tersebut. Kalender ini kemudian diberlakukan secara luas di wilayah Eropa setelah diadopsi oleh seorang biarawan sejarah bernama Venerable Bede dan kemudian dunia memakainya.

Kendati demikian, bagaimana cara Dionysius menghitung kelahiran Yesus ini tidak diungkapkan dengan jelas. Banyak sejarawn yang meyakini bahwa Yesus lahir antara 7BC hingga 2BC atau antara 6BC hingga 4BC (BC=Before Christ/Before Century=Sebelum Masehi, red). Kitab Injil sendiri tidak menyebutkan secara mendetail tanggal kelahiran Yesus. Diperkirakan Dionysius mendasarkan penghitungannya pada referensi usia Yesus memulai pelayanan dan fakta ketika Yesus dibaptis saat masa kekaisaran Tiberius.

Permasalahan ini telah lama diangkat dan itulah yang juga diangkat Paus melalui bukunya. Selain itu, Paus mengangkat kontroversi lainnya seputar kelahiran Yesus. Satu hal yang kita percaya bahwa Yesus adalah Juru Selamat.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Bagaimana Jika Visi Misi Suami Istri Berbeda?

Resep Nastar Untuk Natal Anda

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami