Dapatkan Tubuh Sehat Dengan Jalan Dan Senam Pagi

Solusi Sehat / 6 November 2012

Kalangan Sendiri

Dapatkan Tubuh Sehat Dengan Jalan Dan Senam Pagi

Budhi Marpaung Official Writer
5820

Banyak cara agar dapat memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Diantara puluhan bahkan ratusan cara yang dimaksud, dua aktivitas yang bisa kita laksanakan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal adalah dengan berjalan kaki pada pagi hari dan melakukan senam.

1. Jalan pagi

Yang dibutuhkan disini hanya niat untuk bangun pagi. Nikmati udara segar di pagi hari, minimal 3 kali seminggu. Sebaiknya olah raga ini dilakukan antara pukul 6.00 sampai 8.00 pagi, karena matahari baru terbit dan belum terasa panas teriknya. Banyak kesaksian tentang manfaat jalan kaki di pagi hari, mulai dari mengobati sakit jantung, kencing manis (DM) dan kolesterol tinggi, bahkan sampai menghilangkan penyakitnya.

Hal ini juga didukung studi dari Duke University Medical Center yang menemukan bahwa berjalan kaki 30 menit perhari dapat mengurangi metabolic syndrome, yaitu salah satu penyebab risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Selain itu, manfaat jalan kaki lainnya adalah: mengurangi depresi dan stress, mengurangi berat badan dan resiko obesitas, mencegah dan mengurangi keropos tulang, bahkan sebuh studi lain dari Universitas Temple menyebutkan berjalan kaki 90 menit selama lima kali dalam seminggu bisa membuat anda merasa lebih bahagia, karena tubuh kita akan memproduksi hormon endorphin, hormon yang membuat orang menjadi bahagia.

Jika jalan pagi tidak mungkin dilakukan karena harus berangkat kerja di pagi hari atau mengantar anak ke sekolah dan lainnya, hal ini dapat disiasati misalnya dengan: parkir kendaraan yang cukup jauh dari letak kantor atau sekolah atau jika lokasi tempat kerja berada pada gedung bertingkat tinggi, dapat disiasati dengan cara mengganti naik lift atau elevator dengan naik tangga biasa sebanyak 2 atau 3 lantai, setiap berangkat atau pulang kerja.

2. Senam setiap pagi atau sore

Jika dilakukan secara menerus, minimal 3 kali seminggu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan. Tolok ukur berkeringat adalah ukuran awam yang paling mudah terlihat, pengganti istilah medis bahwa sesungguhnya sudah terjadi pembakaran energi di dalam tubuh.

Apabila melihat cara diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat, bebas penyakit, sangat mudah dan murah bukan ? Sebagai peringatan terhadap Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November mendatang, mari kita semua bersama-sama menjaga dan memelihara tubuh kita dengan senantiasa rajin melakukan aktivitas yang akan membawa efek sehat dan bugar bagi tubuh kita.  

Akhir tulisan, penulis mengucapkan selamat mempraktikkannya !

Baca juga:

Kisah Nyata Indra Saragih yang Tak Dapatkan Kasih Sayang

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia 

Pola Allah

Chord Lagu : Uncharted Territory

Hutang Suami = Hutang Istri, Benarkah ?

Sumber : fitnessfirst.co.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami