Bagaimana Cinta Ibu Bisa Mempengaruhi Otak

Nasional / 5 November 2012

Kalangan Sendiri

Bagaimana Cinta Ibu Bisa Mempengaruhi Otak

Lois Official Writer
2655

Otak yang hanya berberat 1,4 kilogram mengandung 100 juta sel syaraf ini mengatur gerak seluruh badan dan pemikiran kita. Studi terakhir mengatakan bahwa otak juga seperti “hati” kita, dimana segala perasaan tercitra di sana. Hal ini pun dibuktikan oleh sebuah penelitian para ilmuwan dari University of California, Los Angeles (UCLA).

Ternyata otak sangat dipengaruhi oleh cinta. Dalam penelitian tersebut, otak dua anak yang berusia 3 tahun diteliti. Kedua anak ini punya latar belakang berbeda. Anak yang satu diasuh dengan kasih sayang sedangkan yang lain kurang mendapatkan kasih sayang. Hasilnya, ukuran kedua otak itu pun berbeda.

Otak anak yang diasuh dengna kasih sayang dan cukup cinta berukuran jauh lebih besar, memiliki bintik dan area hitam lebih sedikit dari otak anak yang satunya. Menurut para ahli syaraf, hal ini terjadi karena perbedaan cara ibu mereka merawat. Anak dengan ukuran otak lebih besar akan berkembang lebih maksimal karena dirawat oleh seorang ibu yang responsive terhadap bayinya. Ukuran otak yang menyusut terjadi karena anak diabaikan bahkan terjadi penganiayaan.

Anak dengan ukuran otak lebih besar berpeluang menjadi lebih cerdas dan berpotensi mengembangkan kemampuan sosialnya untuk berempati dengan orang lain. Namun, anak dengan ukuran kecil diduga lebih berpeluang kecanduan obat-obatan, terlibat dalam criminal dan jauh lebih mungkin menjadi pengangguran. Tidak hanya itu, anak tersebut juga lebih berpeluang mengalami masalah mental dan problem kesehatan yang serius.

Karena itu, cintailah anak yang sudah dititipkan Tuhan kepada kita semua dengan penuh kasih. Mari jadikan generasi-generasi penerus ini menjadi generasi yang cerdas, sehat secara kejiwaan maupun fisik. Berikan kasih sayang seutuhnya kepada mereka dan dunia pun akan diberkati oleh mereka.

 

Baca Juga :

Makan Buah dengan Kulitnya? Cuci Dulu Dengan Ini

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Pola Allah

Uncharted Territory Don Moen, Sungguh Menginspirasi !

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami