Amerika Akhirnya Tahan Produser Film Innocence of Muslim

Nasional / 1 October 2012

Kalangan Sendiri

Amerika Akhirnya Tahan Produser Film Innocence of Muslim

Puji Astuti Official Writer
2770

Nakoula Basseley Nakoula, pria yang diduga kuat sebagai produser film Innocence of Muslim dan  memicu kemarahan masyarakat muslim dunia akhirnya ditahan oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun alasan penahanannya bukan karena memproduksi film yang sangat provokatif tersebut, melainkan karena ia telah melanggar peraturan yang ditetapkan dalam masa percobaan.

 Sebelumnya pada 2011 Nakoula pernah ditahan karena kasus penipuan bank, dan ia saat ini sebenarnya masih dalam masa percobaan. Aturan yang dilanggar oleh Nakoula adalah menggunakan nama palsu saat mengunggah film Innocence of Muslim.

"Nakoula ditangkap berdasarkan tuduhan yang dibuat oleh Kantor Percobaan bahwa ia telah melanggar ketentuan masa percobaanya yang sepenuhnya diawasi," demikian pernyataan Thom Mrozek, juru bicara Kejaksaan Los Angeles yang dikutip oleh JPNN.com.

Film Innocence of Muslim sendiri tidak melanggar hukum menurut undang-undang yang berlaku di Amerika, karena di negara tersebut kebebasan berbicara diatur dalam amanden konstitusi negara. Dilain pihak umat muslim di berbagai belahan dunia menuntut pemerintah Amerika untuk menahan dan menghukum produser film Innocence of Muslim tersebut.

Nakoula saat ini harus gigit jari menghadapi konsekuensi dari perbuatannya, selain kehilangan kebebasannya ia juga dihantui ketakutan karena ancaman pembunuhan dari pihak-pihak yang tersinggung atas film buatannya. Kebebasan untuk menyatakan pendapat tentu hal yang positif, namun jika sudah disertai kebencian maka yang terjadi sebaliknya, berdampak negative dan merusak. 

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : JPNN.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami