Perenang Keturunan Jawa, Raih Emas Olimpiade 2012

Nasional / 3 August 2012

Kalangan Sendiri

Perenang Keturunan Jawa, Raih Emas Olimpiade 2012

daniel.tanamal Official Writer
4417

Perenang Belanda berdarah Jawa Ranomi Kromowidjojo kembali menyumbangkan medali bagi negeri Kincir Angin tersebut. Setelah sebelumnya mempersembahkan perak pada nomor 4x100 meter gaya bebas estafet putri, kini Ranomi meraih emas pada nomor paling bergengsi, 100 meter gaya bebas.

Bukan hanya menggondol emas, Ranomi bahkan memecahkan rekor olimpiade dengan catatan waktu 53,00 detik. Dalam final 100 meter gaya bebas putri, Ranomi sempat tertinggal dari lawan-lawannya, hingga membuatnya berada di posisi keempat. Namun kegesitannya membuatnya melesat dan meraih finish pertama diatas Aliaksandra Herasimenia dari Belarus diposisi kedua dan perenang China Tang Yi di posisi ketiga.

"Lomba yang hebat, namun saya tidak puas dengan catatan waktu. Namun medali emas tetaplah medali emas dan saya memang mencari medali emas," ungkapnya.

Prestasi ini tentu mencatatkan kembali kedigdayaan perenang puteri Belanda pada arena Olimpiade, setalah sebelumnya Inge de Bruijn merajai seluruh nomor ini di Olimpiade Sydney 2000 silam. Inilah medali emas kedua bagi Belanda setelah emas pertama disumbang Marianne Vos dari cabang balap sepeda. 

Dara berusia 21 tahun ini sendiri merupakan gadis keturunan Jawa asli dari sang kakek bernama Kromowidjojo. Usai berimigrasi ke Suriname, sang kakek berkeluarga disana. Kemudian, Ayah Ranomi hijrah ke negeri Belanda hingga menikah dan Ranomi lahir disana.

Mengidolakan duet maut perenang Belanda Pieter van den Hoogenband dan Inge de Bruijn yang pernah meraih 15 medali di Olimpiade Sydney 2000 dan Athens 2004, Ranomi lantas mewujudkan keinginannya dengan bergabung di pelatihan renang milik idolanya tersebut. Dirinya kini ditangani langsung oleh Jacco Verhaeren pelatih bertangan dingin yang pernah menangani van den Hoogenband dan de Bruijn.


Baca Juga:

Makanan yang Baik dan Pantang untuk Pengidap Hepatitis

Perselingkuhan Kristen Stewart hanya Cari Popularitas

 

 


Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami