Pengabdian Mereka di Tengah Rimba

Internasional / 30 June 2012

Kalangan Sendiri

Pengabdian Mereka di Tengah Rimba

Lois Official Writer
4179

Dokter I Wayan Putra (40) sudah tiga tahun melayani masyarakat di Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat. Ia menjadi dokter pegawai tidak tetap yang telah diperpanjang kontraknya berkali-kali. Dia dan bersama istrinya Vera Yuanita yang juga merupakan seorang dokter mengabdikan diri di Tanah Papua. Mereka rela meninggalkan hirup pikuk budaya urbah di kota besar dan beralih ke tempat terpencil ini meski rentetan aksi kekerasan, tak menyurutkan semangat mereka.

Selain menjadi dokter, Wayan juga mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak setempat dan menjadi guru sekolah minggu di gereja setempat. “Raut muka tulus dan ramah pada orang Pegunungan Arfak membuat saya betah,” kata Wayan. Padahal, tenaga medis pada umumnya enggan bertugas di pedalaman karena alasan cuaca dan fasilitas.

Banyak pukesmas di Papua maupun Papua Barat tak terisi dokter. Meski baru-baru ini ada 51 tenaga dokter umum PTT yang disebar ke sembilan kabupaten dan satu kota, namun masa kontrak mereka terlalu singkat, paling lama satu tahun. Beruntung, ada dokter-dokter seperti Yuyun Simanjuntak yang setia terus mengabdi di Puskesmas Assolokobal, Kabupaten Jayawijaya. Dia bersama beberapa perawat dan mantra kesehatan, berkeliling ke kampung-kampung memberikan pelayanan kesehatan.

Di Boven Digoel juga ditemukan dokter yang berdedikasi tulus kepada sesama. Dia adalah Gensya Prangomo Damanik (28) yang telah dua tahun bertugas di daerah perbatasan RI-Papua Nugini itu. Meskipun ditawari bekerja di UGD sebuah RS swasta di Jakarta, dia tetap memilih Boven Digoel sebagai tempat pengabdian. Dia bersama dokter muda seangkatannya, Trinengsih, Ansye, dan Evelyn merupakan salah satu contoh yang patut ditiru.

Pengabdian mereka terhadap masyarakat sekitar jelas terlihat. Itulah yang menjadi panggilan hidup mereka. Bagaimana dengan kita semua? Apakah yang Tuhan inginkan dalam hidup kita untuk kita lakukan? Mari wujudkan dan jadi perpanjangan tangan Tuhan buat seluruh umat manusia di bumi.

 

Baca Juga :

Jika Cinta Pada Manusia Melebihi Cinta Pada Tuhan

Jarang Ada, Lagu Hip Hop Rohani, Beli Sekarang Juga

Jesus Saves, Lagu yang T.O.P B.G.T

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami