Suporter Rusuh Lagi, Rusia Didenda 2 Miliar Rupiah

Nasional / 24 June 2012

Kalangan Sendiri

Suporter Rusuh Lagi, Rusia Didenda 2 Miliar Rupiah

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2369

Sudah jatuh tertimpa tangga. Mungkin peribahasa tersebut sedikit bisa menggambarkan tetang keadaan tim Rusia. Alih-alih mendapat trofi kemenangan, mereka justru dikenai denda oleh UEFA sebanyak tiga kali. Denda itu diberikan kepada Asosiasi Sepak Bola Rusia akibat ulah para suporternya yang hadir di Polandia.

Terbaru, UEFA menjatuhi denda sebesar 35.000 euro akibat ulah fans yang melempar petasan dan kembang api ke lapangan, pun memasang spanduk terlarang, pada laga pamungkas di Grup A melawan Yunani di Stadion Nasional, (16/6). "Beberapa suporter di stadion bertingkah seperti bukan seorang fans sejati," sesal pihak Asosiasi Sepak Bola Rusia.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 30 suporter Rusia yang menyerang pihak keamanan di Worclaw, usai kemenangan 4-1 atas Republik Ceko, (8/6) lalu. Atas peristiwa tersebut, Rusia dikenai denda sebesar 120.000 euro. Jumlah denda itu bertambah lagi ketika pertandingan Rusia melawan Polandia di Warsawa, (12/6).  Kala itu sekelompok fans mencoba memasuki lapangan, mereka juga bekelahi dengan kelompok suporter lain setelah pertandingan. UEFA menjatuhkan denda 30.000 euro untuk kasus tersebut. Jika dirupiahkan, Rusia harus membayar sekitar 2 miliar rupiah untuk tiga kasus tersebut.

Tidak hanya itu saja, Rusia juga mendapatkan sanksi pengurangan enam poin pada kualifikasi Euro 2016 nanti, lantaran sekelompok suporternya menyerang beberapa tempat pelayan publik Polandia usai menonton laga pembuka Grup A melawan Republik Ceko.

Sangat disayangkan, para suporter yang kendatinya harus memberi semangat para pemain justru menjadi batu sandungan bagi tim Rusia. Peristiwa ini menginspirasi kita untuk lebih bijaksana dalam bertindak, karena apa yang kita lakukan mungkin hanya tidak merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan orang lain. Bahkan mungkin termasuk orang yang kita kasihi.

Sumber : berbagaisumber/vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami