Terjadi Bersamaan, Benarkah Gempa Sukabumi Akibat Gerhana Bulan?

Nasional / 5 June 2012

Kalangan Sendiri

Terjadi Bersamaan, Benarkah Gempa Sukabumi Akibat Gerhana Bulan?

Puji Astuti Official Writer
5321

Setelah gempa 6,1 SR yang berpusat di Sukabumi pada Senin (4/6) lalu, tepatnya pukul 18.18 WIB, banyak kabar beredar bahwa gempa tersebut disebabkan oleh gerhana bulan. Namun apakah benar demikian?

"Gempa yang terjadi di Sukabumi tadi tidak ada kaitannya dengan gerhana bulan," demikian bantahan yang diberikan oleh Direkteru Observatorium Bosscha, Hakim L Malasan yang dirilis oleh Inilah.com, kemarin Senin (4/6). .

Oleh karenanya, Hakim menghimbau masyarakat untuk tidak panik atau kuatir terhadap dua fenomena alam yang terjadi hampir bersamaan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari salah seorang peneliti Astronomi dari Observatorium Bosscha, Dani Herdiwijaya yang diwawancara oleh TribunNews, pada Senin kemarin gerhana bulan memasuki penumbra dimulai sekitar 15.46. Kemudian bulan mencapai umbra atau momen gerhana bulan pada 16.59, dan sekitar pukul 18.00 bulan mencapai puncaknya dan berakhir pada pukul 19.07. Gerhana dinyatakan berakhir pada pukul 20.20.

Menurut Dani, gerhana memang memungkinkan adanya gaya gravitasi yang menimbulkan pergerakan tanah, namun hal itu tidak sebesar pengaruh yang ditimbulkan oleh gesekan lempeng bumi. Berdasarkan data statistic, gempa memang pernah terjadi berdekatan dengan gerhana bulan atau matahari, salah satunya adalah saat gempa menimpa Aceh pada beberapa tahun lalu. Namun seperti yang telah dinyatakan Direktur Observatorium Bosscha, Hakim L Malasan, gempa kali ini tidak berkaitan dengan gerhana bulan tersebut.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika, pusat gempat berada di 7,99 Lintang Selatan dan 106,19 Bujur Timur atau 121 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di kedalaman 27 km. Menurut rilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi hingga Selasa (5/6) pukul. 08.30 WIB tercatat 91 rumah rusak akibat gempa tersebut dan 2 orang mengalami luka ringan.

 

Baca juga artikel lainnya :

Hati-hati! Kecandungan Tehnologi Dapat Sebabkan Penyakit Mental

Berdamai Dengan Teman yang Mengesalkan

Ternyata Aku Hanya Anak Angkat

Kerajaan Allah Itu Seumpama Internet

Sean Idol : Tuhan Gerakan Hati Para Juri

Sumber : Inilah.com | TribunNews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami