Tiap 2 Menit, 2 Juta Plastik Jadi Sampah

Nasional / 14 May 2012

Kalangan Sendiri

Tiap 2 Menit, 2 Juta Plastik Jadi Sampah

Lois Official Writer
5207

Penggunaan plastik sebagai bahan pengemas terbilang problematik. Bahan ini butuh waktu sangat lama untuk terurai sempurna sehingga pencarian alternatif pun dibutuhkan. Seperti diketahui, plastik konvensional butuh 500-1000 tahun untuk terurai dalam tanah. Sulitnya penguraian ini membuat sampah plastik makin menumpuk dan menyebarkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

“Salah satu caranya mulai menggunakan plastik biodegradable. Plastik ini selain lebih mudah terurai juga memiliki nilai ekonomis tersendiri,” ungkap pengamat lingkungan Butche Soendjojo, di PAJ Jakarta. Meski tak mengetahui seberapa besar nilai ekonomis yang bisa disumbangkan, namun Butche yakin penggunaan plastik biodegradable ini memiliki potensi sangat besar menguntungkan negara.

“Plastik bisa dibakar, namun jika pembakaran tidak sempurna atau di bawah suhu 800 C, diokson yang sangat berbahaya sangat terbentuk,” paparnya. Dalam setahun, ada sekitar satu triliun plastik digunakan warga. Tiap dua menit ada sekitar dua juta kantong plastik dibuang. Di Indonesia, konsumsi kantong plastik meningkat 1-2% tiap tahun. Karena itu, plastik biodegradable ini sangat diperlukan. Selain itu, solusi lainnya menggunakan plastik ecoplas yang terbuat dari tepung. Sayangnya, dijual 120-130% lebih mahal dari plastik biasa.

Mari kita jaga kelestarian bumi yang kita diami ini. Tuhan katakan agar kita beranak cucu dan berkuasa atas bumi. Jadi, kitalah yang mempunyai tanggung jawab untuk melestarikannya. Mulailah kurangi penggunaan plastik saat ini juga. Suatu tindakan kecil yang sangat berarti besar buat bumi.

Sumber : inilah by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami