Benarkah Mitos Friday 13 Dimulai Oleh Kalangan Kristen?
Sumber: foxnews.com

Internasional / 13 April 2012

Kalangan Sendiri

Benarkah Mitos Friday 13 Dimulai Oleh Kalangan Kristen?

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4147

Berdasarkan hasil penelitian dari Dr Donald Dossey, seorang psikoterapi khusus dlm bidang “phobia” = takut dlm bhs Yunani, di AS saja ada lebih dari 21 juta orang yang menderita friggatriskaidekaphobia atau rasa takut akan hari Jumat tanggal 13.

Walaupun belum bisa dipastikan secara pasti, para ilmuan mengungkapkan kemungkinan asal muasal mitos ini justru dari kalangan Kristen. Yaitu 12 murid Yesus yang ikut dalam perjamuan terakhir bersama Yesus, sehingga totalnya 13 orang, dimana hal itu berujung pada kematian Yesus di hari Jumat. Bagaimana seharusnya orang percaya menyikapi hal ini?

Menurut Frank Saliba, sekalipun mitos ini dimulai dari kalangan Kristen, patut dipertanyakan orang Kristen seperti apakah mereka? Karena orang Kristen sejati akan menghidupi firman Tuhan dan tidak percaya kuasa kutuk.

“Orang kristen yang memulai mitos ini, ataupun mereka yang percaya terhadap mitos ini, adalah orang kristen yang mengambil kesimpulan berdasarkan pengertian mereka sendiri dan bukan berdasarkan Firman Tuhan. Orang Kristen sejati tidak percaya kuasa kutuk, karena kuasa Tuhan jauh lebih besar dari kuasa kutuk tersebut,” ungkap Frank.

Frank menambahkan, kita tidak perlu melakukan klarifikasi apapun apalagi harus berdebat tentang asal-usul dari mitos ini karena memang tidak akan ada habisnya. Namun perlu ditekankan, untuk menghadapi Friday 13th ataupun hari-hari lainnya, kita perlu bergaul karib dengan Tuhan dan mengikuti semua perintah-Nya.

Beberapa kisah yang penuh misteri berkaitan dengan Jumat tanggal 13 misalnya, kisah sebuah kapal buatan Inggris yang diberi nama Friday 13. Kapal tersebut melaut untuk pertama kalinya pada hari Jumat tanggal 13, namun sayangnya kapal itu tidak pernah kembali.

Ada pula kisah tentang pesawat ulang alik Apolo 13 yang diluncurkan pada 11 April 1970 pukul 13.13 CST gagal mengorbit karena meledak dan hancur berkeping-keping. Entah kebetulan atau tidak, tanggal peluncuran jika dijumlahkan akan muncul angka 13 (1+1+4+7+0 = 13).

Baca juga artikel terkait : Besok Friday 13th, Benarkah Hari Sial?

Sumber : jawaban.com/vcahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami