Rayakan Paskah, 2012 Orang Pikul Salib Di Minahasa Utara

Nasional / 9 April 2012

Kalangan Sendiri

Rayakan Paskah, 2012 Orang Pikul Salib Di Minahasa Utara

Lestari99 Official Writer
4656

Paskah baru saja berlalu. Di Indonesia, beragam atraksi unik dari berbagai daerah ditampilkan dalam memaknai Paskah dan penderitaan Yesus di kayu salib. Seperti yang dilakukan masyarakat dari Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Perayaan Paskah di Minahasa Utara berlangsung semarak ketika 2012 orang memikul salib sejauh lima kilometer pada Sabtu (7/4) pukul 14.00 WITA. Atraksi ini merupakan refleksi dari ritual Yesus Kristus dalam perjalanan sengsara sampai ke bukit Golgota. Jumlah 2012 sendiri merujuk pada tahun Masehi.

Atraksi ini sontak menarik perhatian warga yang memenuhi jalur jalan Manado-Bitung. Mereka yang menyaksikan atraksi dari pinggir jalan ini sempat membuat ruas Manado-Bitung lumpuh selama empat jam.

Untuk mengurai kemacetan, polisi mengalihkan kendaraan dari Bitung melewati kawasan Treman, Kauditan, sedangkan kendaraan dari Manado melewati jalur Paniki. Meskipun demikian, kemacetan tetap terjadi karena ruas jalan itupun dipenuhi warga desa lain yang juga sedang merayakan Paskah.

Patria Pombengi, panitia penyelenggara, menjelaskan bahwa kegiatan itu dilaksanakan oleh organisasi Pemuda GMIM wilayah Kalawat, Minahasa Utara. Pihak penyelenggaran juga sempat meminta maaf kepada masyarakat pengguna jalan akibat kemacetan yang terjadi.

Perayaan Paskah memang telah berlalu.Namun sebagai umat percaya, perubahan hidup seharusnya terjadi. Karena memaknai Paskah pada dasarnya bukan sekedar melalui atraksi semata namun bagaimana iman dan pengenalan kita akan kematian dan kebangkitan Yesus menjadi sebuah keyakinan yang mempertebal iman.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami