Di Aussie, Restoran Bertenaga Urin Dibuka

Nasional / 18 March 2012

Kalangan Sendiri

Di Aussie, Restoran Bertenaga Urin Dibuka

Lois Official Writer
4517

Siapa yang menyangka bahwa sebuah restoran di Melbourne, Australia yang indah ini dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan? Restoran yang unik ini menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan dari urine atau air seni. “Saya telah merancang restoran ini secara terbalik. Saya memulainya dengan bagian akhir terlebih dahulu, dengan menilai produksi limbah, dan bekerja dari sana.” Kata Joost Bakker, desainer asal Belanda.

“Urin itu sangat bagus untuk nitrogen dan sangat berharga. Anda hanya memerlukan air seni dari 25 orang untuk menyediakan pupuk yang digunakan untuk satu hektar ladang,” kata Bakker lagi.  Menurut Smart Planet, Proyek Greenhouse ini juga menggunakan produk pertanian untuk insulasi dan energi, serta dibangun dengan materi-materi daur ulang.

“Saya selalu bermimpi untuk membangun sebuah restoran yang tidak menghasilkan limbah dan sekarang akhirnya saya telah mencapai hal itu,” tegas Bakker lagi. Setiap bahan bangunan yang dipakai dipastikan dapat didaur ulang 100 %.

Tentu sangat tepat dikatakan jika setiap apa yang Tuhan buat di dalam hidup kita pasti ada manfaatnya. Baik itu kotoran yang kita buang sekalipun. Begitu juga dengan masalah-masalah di hidup kita. Masalah-masalah itu seperti ‘kotoran’ di dalam hidup kita tapi dapat berguna jika kita dapat memanfaatkannya, dapat menjadi sesuatu yang indah.

Sumber : liputan6/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami