Gereja

Internasional / 10 March 2012

Kalangan Sendiri

Gereja "Is This Love" Bob Marley Terbakar

daniel.tanamal Official Writer
3416

Gereja Christ Apostolic (CAC) di Islington, London Inggris terbakar pada Kamis malam (8/3) waktu setempat. Sekitar 40 petugas kebakaran segera datang memadamkan api di rumah ibadah yang berlokasi di Kings Cross tersebut. Sebelum menjadi gereja, gedung tersbut dulunya adalah tempat komunitas kulit hitam di Britania.

Gereja berlantai tiga dan berumur kurang lebih 70 tahun ini mengalami kerusakan yang hebat. Penyebab kebakaran sendiri masih diselidiki aparat setempat. Sekitar 20 orang yang sedang berada di gereja itu harus dievakuasi ke gedung terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Gereja Christ Apostolic pernah menjadi tempat pengambilan video legenda Reggae dunia Bob Marley. Pada video klip untuk lagu “Is This Love” itu Bob juga menggaet model Naomi Campbell yang saat itu masih berusia 7 tahun untuk mengambil peran dalam video tersebut. Sebelum beralih fungsi menjadi Gereja, gedung  tersebut juga dikenal sebagai “Keskidee” yaitu pusat budaya kesenian kulit hitam pertama di Inggris.

Anggota Dewan Islington Catherine West mengungkapkan dirinya bersyukur karena tidak ada korban jiwa pada tragedi itu. Dirinya juga memuji dan mengenang sejarah Keskidee dan Gereja tersebut. “Ini adalah kebakaran yang serius dan saya sangat bersyukur tidak ada yang terluka. Gereja ini tempat dimana dulu Keskidee berdiri. Pusat kesenian pertama di Inggris untuk masyarakat kulit hitam. Banyak penduduk masih memiliki kenangan pada masa jayanya di tahun 70-an dan 80-an."

Sumber : BBC - Kribo
Halaman :
1

Ikuti Kami