Kedahsyatan Gempa Jepang Ada Rekaman Suaranya

Nasional / 9 March 2012

Kalangan Sendiri

Kedahsyatan Gempa Jepang Ada Rekaman Suaranya

Lestari99 Official Writer
4422

Memperingati setahun tragedi gempa tsunami yang melanda Jepang pada 11 Maret 2011 lalu, para ilmuan memiliki cara unik untuk memperingati tragedi tersebut. Mereka mengumpulkan data gelombang seismik gempa tahun lalu dan mengubahnya menjadi gelombang audio.

Hasilnya sungguh luar biasa. Kini masyarakat seluruh dunia dapat mendengarkan seperti apa dahsyatnya suara gempa 9,0 skala Richter yang bergerak di dalam bumi pada tanggal 11 Maret setahun yang lalu.

“Kami berhasil menghidupkan data gempa dengan cara mengkombinasikan data audio seismik dan informasi visual,” ujar Zhigang Peng dari Georgia Tech sebagaimana dilansir vivanews.

“Orang-orang bisa mendengar perubahan pitch dan amplitudo sembari melihat frekuensi seismik berubah. Suara yang dihasilkan gempa mirip dengan bunyi yang sudah familiar di telinga kita: guntur, letusan brondong jagung, dan kembang api.”

Jumat 11 Maret 2011 pukul 13.46 waktu setempat akan selalu diingat oleh seluruh masyarakat Jepang. Gempa 9,0 skala Richter mengguncang Jepang dan menyebabkan gelombang tsunami setinggi 10 meter menghempas daratan.

Lebih dari 20 ribu orang tewas, belum termasuk yang dinyatakan hilang. Tsunami juga menenggelamkan kawasan pesisir. Desa-desa terendam dan tenggelam dalam kesunyian. Gelombang ganas yang menerjang PLTN Fukushima Dai-ichi membuat reaktor luruh dan memicu krisis nuklir.

Gempa Jepang 2011 merupakan gempa keempat terbesar sejak tahun 1900 dan menjadi gempa yang terekam paling baik sepanjang masa. Sebab ribuan seismometer di Jepang mencatat gerakannya. Negara ini juga tidak pelit untuk membagikannya ke seluruh dunia. Dengan cara baru dalam melihat dan mendengarkan data gempa ini diharapkan para ilmuan dapat memahami dengan lebih baik bagaimana lipatan kerak bumi itu terjadi.

Sumber : vivanews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami