Sumber Emas Ratu Syeba dalam Alkitab Ditemukan di Ethiopia
Sumber: cbn.com

News / 15 February 2012

Kalangan Sendiri

Sumber Emas Ratu Syeba dalam Alkitab Ditemukan di Ethiopia

Contasia Christie Official Writer
453

Ketika ratu negeri Syeba mendengar kabar tentang Salomo, berhubung dengan nama Tuhan, maka datanglah ia hendak mengujinya dengan teka-teki. Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar, dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, sangat banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal. Setelah ia sampai kepada Salomo, dikatakannyalah segala yang ada dalam hatinya kepadanya. (1 Raja-Raja 10:1-2)

Pada akhirnya, Ratu Syeba memuji segala hikmat Salomo yang Tuhan berikan padanya. Dalam ayat 10 dikatakan bahwa Ratu Syeba memberikan Salomo emas sebanyak 120 talenta emas. Jika 1 talenta = 34 kilogram (berdasarkan kamus Alkitab), maka 120 talenta emas = 4 ton 80 kg emas. Jumlah yang bukan main besarnya. Kisah ini bukan sekedar kisah yang ada di Alkitab, namun sungguh terjadi. Seorang arkeolog asal Inggris telah menemukan sesuatu yang mungkin memecahkan misteri darimana harta karun Ratu Syeba yang banyak itu.

Sebuah tambang emas kuno, bersama dengan reruntuhan kuil, telah ditemukan di dataran tinggi Gheralta di utara Ethiopia, bagian dari wilayah kekuasaan Ratu Syeba. Pintu masuk terletak tersembunyi di balik batu setinggi 20 kaki diukir dengan matahari dan bulan sabit, ciri khas negeri Syeba, menurut pemimpin penggalian, Louise Schofield.

Schofield mengatakan kepada Observer, Senin (13/2), “Aku merangkak di bawah batu, waspada terhadap kobra sepanjang 9 kaki yang diperingatkan kepada saya, dan berhadapan dengan sebuah prasasti Sabaean, bahas yang digunakan Ratu Syeba saat itu..” Schofield dan timnya akan memulai melakukan penggalian penuh di tambang bila sudah mendapatkan dana.

Sejarah adalah sesuatu yang sangat penting, apalagi jika sejarah itu menyangkut kebenaran firman Tuhan. Mungkin tidak semua hal bisa kita mengerti, mengapa dunia ini bisa berputar pada porosnya tanpa ada sesuatu yang menggerakkan, mengapa ada penderitaan, mengapa hidup ini terkadang begitu kejam. Tapi semua hal itu jangan sampai membuat kita meragukan adanya Tuhan.

Sumber : pikiran-rakyat.com/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami