Kesamaan Antara Titanic dengan Costa Concordia

Nasional / 19 January 2012

Kalangan Sendiri

Kesamaan Antara Titanic dengan Costa Concordia

Lois Official Writer
4286

Costa Concordia yang berasal dari Italia ini mengalami peristiwa tragis yang menyebabkan tenggelamnya kapal di lautan. Sama seperti Titanic yang juga tenggelam di lautan, Costa Concordia pun punya beberapa sama kesamaan dengan Titanic. Berikut kesamaannya :

Kisah Cinta Jack dan Rose
Malam itu, Francis menyerahkan jaket pelampung satu-satunya kepada istrinya. Sambil menyerahkan jaket pelampung, Francis meneriakkan pesan. “Lompat, dan teruslah lompatlah!” Melihat Nicole ragu, Francis menatapnya dan berkata, “Jangan kuatir, saya akan baik-baik saja.” ujarnya. Itulah kalimat terakhir dari Francis. Nicole sama seperti Rose, juga tak mudah menghadapi dinginnya laut dan kematian. Namun Nicole terus bertahan. Ia juga teringat anak dan cucunya. “Itu yang membuat saya bertahan hidup.”

Lagu Titanic Mengalun
Menurut Yannic Sgaga, penumpang Costa asal Swiss yang selamat dari kecelakaan, mengatakan bahwa soundtrack film Titanic sedang diputar di atas kapal itu ketika kecelakaan terjadi. Lagu ‘My Heart Will Go On’ yang dinyanyikan oleh Celine Dion itu mengalun, seperti ingin memutar kejadian Titanic lagi. “Gambaran tragedi Titanic menjadi lebih nyata dari yang mungkin dibayangkan. Hal it uterus menerus memasuki kepala saya,” kata Sgaga.

Kapal Menabrak Karang Saat Makan Malam
Serupa dengan kisah Titanic, tabrakan pada Costa Concordia juga terjadi pada saat santap malam. “Kami sedang makan malam ketika sepertinay kapal menghantam sesuatu. Kemudian kami mendengar ledakan. Gelas-gelas dan piring-piring di meja tiba-tiba jatuh ke lantai, kapal terasa miring, dan lampu padam,” ujar seorang penumpang lainnya, Luciano Castro.

Selain kesamaan, tentu ada perbedaan dalam kedua kisah di kapal ini. Yang paling disoroti adalah sikap kapten Costa Concordia yang mau melarikan diri. Di Titanic, kaptenlah yang mengatur penggunaan sekoci dan lain sebagainya. Namun, sikap pengecut dan penyebab karamnya Costa, seperti yang dituduhkan, membuat korban jiwa ada di Costa Concordia. Kisah cinta, tidak satrianya seorang kapten, keselamatan pada kapal, ada banyak hikmah yang bisa kita petik.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami