BMKG: Jakarta Terancam Banjir dan Rob pada 17-19 Januari

Nasional / 15 January 2012

Kalangan Sendiri

BMKG: Jakarta Terancam Banjir dan Rob pada 17-19 Januari

daniel.tanamal Official Writer
2331

Musim penghujan akan terus menerpa Jakarta, menurut rilis terakhir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jakarta diperkirakan terancam digenangi banjir akibat gelombang pasang air laut yang masuk ke darat (rob) dan banjir pada 17-19 Januari.
 
"Pada 17-19 Januari kita takutkan Jakarta terancam banjir rob yang dibarengi hujan lebat, karena pada beberapa hari ke depan potensi hujan di wilayah itu masih tinggi," ungkap Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrim BMKG, Kukuh Ribudiyanto kepada Antara di Jakarta.
 
Kukuh menambahkan puncak curah hujan yang besar memang terjadi pada Januari dan Februari, dan banjir akan diperparah akibat adanya gelombang pasang air laut. “Potensi banjir Jakarta dipengaruhi oleh gelombang laut masuk ke pantai dan hujan di Bogor serta Jakarta yang berintensitas tinggi, sehingga air di sungai di Jakarta akan terhambat dibuang ke laut dan menggenangi Ibu Kota,” tambah Kukuh.
 
Menurut Kukuh potensi hujan lebat di wilayah Bogor masih tinggi pada beberapa hari ke depan dengan intensitas air mencapai di atas 55 milimeter per hari. Berdasarkan data BMKG wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Kepualaun Riau, Banten bagian selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian utara dan selatan, Jawa Timur, Kalimantan Barat bagian barat dan utara serta Kalimantan Timur bagian timur.

Selain itu BMKG memperingatkan adanya tekanan rendah di perairan barat Australia Utara sebelah barat daya Rote yang membentuk pumpunan angin yang memanjang dari Laut Jawa hingga Laut Sawu serta tertutupnya sirkulasi angin di wilayah utara Selat Karimata.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami