9 Makanan Pembangkit Semangat Hidup

Gizi & Nutrisi / 4 January 2012

Kalangan Sendiri

9 Makanan Pembangkit Semangat Hidup

Lestari99 Official Writer
14170

Perubahan suasana hati seringkali mempengaruhi perilaku seseorang, terutama bagi wanita karena pengaruh hormon. Biasanya suasana hati yang buruk membuat seseorang makan berlebih, depresi, kelelahan dan disertai dengan penurunan kesehatan mental, yang membuat Anda seringkali membentak orang-orang yang Anda kasihi dan menjadikan hidup Anda sengsara. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi hal itu. Makanan tertentu dapat membawa perbedaan yang begitu besar bagi Anda dalam menghadapi berbagai situasi. Berikut adalah 9 makanan yang dapat membangkitkan semangat hidup Anda dan mengalahkan suasana hati yang buruk.

1. Kurangi Karbohidrat Putih

Perubahan suasana hati biasanya disebabkan oleh fluktuasi tingkat gula darah. Karbohidrat putih seperti pasta dan roti menyebabkan perubahan besar dalam tingkat gula darah, yang membuat Anda emosional dan depresi dalam tahapan yang berbeda sepanjang hari. Cobalah untuk mengganti karbohidrat putih dengan gandum. Gandum tidak hanya akan membantu Anda untuk mengatasi perubahan suasana hati tetapi juga akan membantu Anda untuk mempertahankan energi.

2. Mengandung Banyak Protein

Anda dapat menekan nafsu makan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan sumber protein yang sehat, seperti ayam, kacang-kacangan dan ikan. Telur untuk sarapan (dengan sepotong roti gandum) dan kacang dapat membuat Anda sanggup melewati hari dan merasa kenyang lebih lama. Ayam adalah sumber protein dan merupakan menu serbaguna yang luar biasa sebagai makan malam.

3. Menghindari Stimulan

Banyak orang yang memiliki ketergantungan terhadap kopi. Namun cara terbaik untuk memerangi suasana hati yang buruk adalah dengan menyingkirkan minuman yang sarat dengan kandungan kafein karena minuman tersebut membuat Anda begadang di malam hari dan cenderung meningkatkan depresi. Alkohol sarat dengan kandungan gula yang Anda coba hindari dalam karbohidrat. Jadi, cobalah untuk membatasi konsumsi Anda dari minuman jenis ini sepanjang minggu. Pengganti terbaik untuk kopi dan juga minuman beralkohol adalah teh herbal.

4. Tambahkan Vitamin D Dalam Diet Anda

Vitamn D sangatlah penting baik untuk kesehatan mental maupun fisik. Sinar matahari menyumbang sekitar 90% dari asupan vitamin D. Jadi, jangan pernah tinggalkan kebiasaan berjemur sejenak di pagi hari. Ikan, telur dan jamur yang dikemas sarat dengan kandungan vitamin D, serta produk spesialis yang mencakup tambahan vitamin D seperti keju dan mentega. Ada begitu banyak produk yang dapat membantu Anda mengatasi suasana hati yang buruk dan membangkitkan semangat hidup Anda. (bersambung...)

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami