Keren, Membatik Jadi Bahan Pelajaran Sekolah di AS

Nasional / 27 October 2011

Kalangan Sendiri

Keren, Membatik Jadi Bahan Pelajaran Sekolah di AS

Budhi Marpaung Official Writer
2435

Kebudayaan Indonesia sepertinya semakin diminati oleh bangsa-bangsa lain. Sekolah-sekolah dasar dan menengah umum di Chicago, negara bagian Illionis, Amerika Serikat, dikabarkan akan memasukkan membatik dalam kurikulum pelajaran tahun 2012.

Oleh sebab itu, KJRI Chicago kini sedang sibuk mempersiapkan pelatihan membatik bagi guru seni sekolah umum di wilayah tersebut. Demikian ungkap Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Chicago, Shirley Malinton kepada ANTARA beberapa saat lalu.

Kegiatan yang diberi nama "Batik Workshop for Art Educators" itu diselenggarakan atas kerja sama dengan Peace School dan Chicago Public School dan akan dilaksanakan pada 19 November mendatang.

Adapun tempatnya berlangsung pelatihan adalah di Douglas Park Cultural dan Community Center, Chicago. Pelatihan ini akan dipandu oleh Avy Loftus, Pendiri dan Ketua Peace, Love and Hope Project, yaitu organisasi nirlaba yang berlokasi di Montreal Kanada.

Menurut Sherly, "Batik Workshop for Art Educators" nanti akan diikuti oleh 80 peserta yang terdiri atas guru-guru seni di sekolah-sekolah dasar dan menengah (Grade 1-9) Chicago.

Setelah menjalani pelatihan, para guru akan mengajarkan cara membatik dan membuat batik perca kepada murid-murid mereka yang berusia 5-15 tahun sebagai bagian dari kurikulum pelajaran kesenian yang dikaitkan dengan misi perdamaian.

Sebagai bangsa Indonesia tentunya kita harus bangga dengan kabar ini. Berharap akan ada lagi budaya-budaya nasional lainnya yang bisa dikenal dunia luar. Mari lestarikan kebudayaan Indonesia!

Sumber : metrotvnews.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami