Gereja Bersejarah Dikhawatirkan Rusak Akibat Gempa Turki

Nasional / 25 October 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Bersejarah Dikhawatirkan Rusak Akibat Gempa Turki

daniel.tanamal Official Writer
2221

Pascagempa berkekuatan 7,2 SR yang menguncang Turki membuat sejumlah tempat dan areal bersejarah sedang diselidiki kondisi terakhirnya. Salah satu gereja bersejarah peninggalan Armenia di Pulau Akdanmar yang belum diketahui kondisinya pun dikhawatirkan rusak.

Gereja Armenia bernama the Holly Cross dibangun pada abad 10. Diperkirakan rumah ibadah ini adalah salah satu relik terakhir budaya Armenia yang tersisa di Turki. Gereja itu merupakan salah satu contoh paling luhur dari arsitektur religius Armenia. Gereja ini dibangun oleh arsitek Uskup Manuel antara 915 dan 921 Masehi selama pemerintahan Raja Armenia Gagik Ardzrouni dari Dinasti Vaspurakan.

Awalnya komplek bangunan termasuk jalan-jalan, kebun, dan taman bertingkat mengelilingi istana dan gereja. Dibangun berbentuk salib dan atap kubah kerucut di dalam, bangunan ini terbuat dari batu tufa berwarna merah yang dibawa ke pulau yang jauh dari tambang itu.

Armenia adalah daerah kekaisaran yang kaya akan budaya hingga pada akhir abad ke-1 dan daerahnya terbentang mulai dari Laut Hitam hingga Laut Kaspia. Sebelumnya pemerintah membuka kembali Pulau Akdamar sebagai isyarat perdamaian dengan Armenia.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami