Gereja Nigeria Dituding Cari Kekayaan Lewat Jemaatnya (1/2)

Internasional / 26 August 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Nigeria Dituding Cari Kekayaan Lewat Jemaatnya (1/2)

Lois Official Writer
2669

Umat Kristen di Nigeria yang jumlahnya mencapai sekitar 70 juta menjadi pengikut yang disebut sebagai ‘kebaktian kesejahteraan’ yang merujuk pada keyakinan bahwa kesejahteraan adalah pertanda dari berkat Tuhan. Di antara para jemaat terlihat seorang perempuan dengan cincin intan di salah satu jemarinya. Di langit-langit gereja Household of God menggantung beberapa lampu kristal untuk menerangi ruang yang memiliki kapasitas 5.000 kursi.

Yang memimpin kebaktian adalah pendeta Chris Okotie, mantan penyanyi pop yang beralih menjadi penginjil, pengusaha dan politisi. Dalam daftar orang terkaya di Nigeria yang dikeluarkan oleh Majalah Forbes, Chris Okotie masuk dalam salah satu dari lima pendeta terkaya, dengan kekayaan sekitar US$ 3 juta hingga US$ 10 juta. Jam tangan raksasa dengan aneka warna merek Jacib & Co terlihat di ujung lengan baju panjangnya.

Salah satu pesan dalam pelayanan mereka adalah kesejahteraan, keuangan yang merupakan tanda dari berkat yang diberikan Tuhan. Sejalan dengan berkembangnya popularitas gereja-gereja itu, kesejahteraan para pendetanya juga ikut berkembang. Banyak yang memiliki mobil-mobil mewah dan sebagian bahkan terbang dari satu tempat ke tempat yang lain menggunakan jet pribadi. Bagi pendeta Chris Okotie, kesejahteraan merupakan bagian integral dari penginjilan.

“Tertulis tentang Yesus, khususnya, bahwa Dia menjadi miskin agar para pengikutnya bisa menjadi kaya karena Dia menyadari bahwa kemiskinan bukanlah bagian dari rencana Tuhan untuk manusia,” tuturnya. Chris Okotie mengatakan kekayaan pribadinya berasal dari karir sebelumnya sebagai pemusik dan pekerjaan lainnya sebagai pengusaha.

Bagaimanapun, banyak yang menuding pendeta ini mengambil keuntungan dari jemaatnya. Tapi pendeta ini mungkin lupa bahwa kekayaan atau berkat tidak semuanya bersumber dari uang. Banyak hal lain yang dapat memberkati kita. Dan lagipula, cinta akan uang adalah akar dari semua kejahatan.

Sumber : bbcindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami