Ampuh Atasi Jerawat di Tubuh, Bagaimana Caranya?

Fit & Charming / 2 July 2011

Kalangan Sendiri

Ampuh Atasi Jerawat di Tubuh, Bagaimana Caranya?

Lois Official Writer
2993

Anda mau pergi ke pesta di malam itu, pesta itu pesta penting buat Anda. Temen dekat Anda akan menikah dan Anda harus tampil cantik untuknya, Anda ingin memakai gaun indah yang terbuka di bagian bahu. Sayangnya, ketika Anda sedang mencocokkan gaun itu, Anda melihat bahwa ada banyak jerawat kecil-kecil yang menutupi bahu Anda. Tentu akan kacau sekali bukan?

Memang yang namanya jerawat, dimanapun tumbuhnya, pasti menjengkelkan. Baik itu di wajah, area tubuh lain seperti leher, dada, punggung, bahu, sampai pantat pun menjadi sasaran empuknya. Jerawat muncul dikarenakan kelebihan sebum (substansi berminyak yang melembapkan kulit) yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Kelebihan serum ini kemudian bercampur dengan sel-sel kulit, yang menyumbat pori-pori dan mengundang bakteri sehingga menghasilkan lesi meradang yang dikenal sebagai jerawat.

Bukan hanya wanita, jerawat tentu saja bisa diderita oleh kaum lelaki, dari remaja sampai dewasa. Pemicu jerawat adalah stress, masalah hormon dan menstruasi, kombinasi keringat dan pakaian ketat. Lelaki yang menggunakan steroid juga mungkin menderita jerawat di tubuh sebagai efek samping. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi jerawat-jerawat itu, khususnya yang ada di tubuh?

Cuci daerah rawan jerawat setiap hari menggunakan sabun antibakteri atau lap dengan pembersih berbasis asam salisilat. Lalu olesi area bermasalah dengan krim benzoil peroksida 5-10 persen untuk mengeringkan jerawat. Kulit tubuh lebih tebal dibandingkan dengan kulit wajah sehingga lebih mampu mengatasinya. Kemudian gunakan pelembap yang mengandung asam alfa hidroksi untuk mengelupas kulit dan memerangi kekeringan. Anda juga dapat menggunakan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat tertentu.

Untuk area tak terlihat seperti pantat, gunakan scrub lembut saat Anda mandi guna menyingkirkan sel-sel kulit mati. Tapi jangan menggosok area sekitarnya karena dapat meningkatkan iritasi dan peradangan. Jangan lupa, yang terakhir dan tak kalah pentingnya untuk selalu mencuci daerah rawan jerawat segera setelah Anda berkeringat. Mandidi sesegera mungkin sehabis berolahraga atau saat tubuh basah kuyup oleh keringat. Selamat mencoba dan dapatkan tubuh yang indah.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami