Source Code, Kehidupan Manusia yang Belum Pernah Ada

Film Review / 24 May 2011

Kalangan Sendiri

Source Code, Kehidupan Manusia yang Belum Pernah Ada

Lois Official Writer
2659

Kisah ini berawal ketika Kapten Colter Stevens (yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal) terbangun di dalam kereta api yang ditumpanginya dalam tubuh seorang pria tak dikenalnya. Kebingungan, awalnya dia menolak dalam diri siapa dia berada. Seorang wanita yang cantik bernama Christina, yang duduk di dekatnya memanggilnya dengan nama Sean. Namun, mengapa dia bisa ada di dalam kereta itu dalam tubuh seseorang yang lain?

Delapan menit lewat, tiba-tiba bom yang sangat dashyat meledak di dalam kereta tersebut, menghantam kereta lain yang saat itu berpapasan dengan kereta yang ditumpanginya. Semua orang tewas. Anehnya, Stevens terbangun dalam sebuah ruangan. Dari situlah dia mengetahui sedikit demi sedikit bahwa dia menjadi bagian dari eksperimen pemerintah. Ruangan itu sendiri dinamakan ‘Source Code’, ruangan yang memungkinkannya untuk berpindah ke tubuh orang lain dalam 8 menit saja.

Source memungkinkannya untuk mengulangi kejadian itu kembali.

Berulang kali dia harus melewati hal yang sama. Yang menarik dalam film ini adalah setiap kali terulang maka penonton akan dibawa sampai ke tingkat lebih lanjut, sampai dia akhirnya menemukan siapa pelaku pemboman itu. Sayangnya, ada kesan bertele-tele dalam film ini yang membuat penontonnya kadang merasa terlalu diulur-ulur.

Film ini dilihat secara keseluruhan, cukup menegangkan. Ada saat ketika dia mati terlindas kereta api yang lewat, ada saat dimana dia ditangkap petugas kereta api karena memakai senjata api sehingga membuat penonton merasa waktu 8 menit itu akan segera habis dan akhirnya bom tetap meledak dengan kekuatan yang begitu luar biasa. Ada juga saat-saat romantis antara Stevens dengan Christina. Delapan menit yang berulang tapi dengan kisah-kisah yang berbeda. Stevens menemukan bahwa ‘Source Code’ itu bukan hanya dapat mengungkapkan sesuatu di masa lalu, namun juga dapat mengubah hidup banyak orang, termasuk dirinya.

Rekomendasi untuk film yang berdurasi 93 menit ini, salah satu film yang layak ditonton. Film yang disutradarai Duncan Jones ini cukup menarik. Yang bisa kita ambil dari film ini tentu saja tentang perjuangannya dalam mencari siapa pelaku pemboman dan bagaimana tanpa menyerah dia menghentikan pelaku tersebut. Jangan menyerah, itulah pesannya. Film ini juga mempunyai makna positif saat dia menelepon ayahnya dan mengatakan betapa dia mencintai sang ayah. Hal ini membuat kita harus bertindak, jangan sampai kita terlambat mengatakan sayang kepada orang-orang yang kita cintai.

Sumber : jawaban.com/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami