Pendidikan Karakter, Target Utama Pemerintah Tahun Depan

Nasional / 5 May 2011

Kalangan Sendiri

Pendidikan Karakter, Target Utama Pemerintah Tahun Depan

daniel.tanamal Official Writer
3290

Menyambut tema Hardiknas tahun ini yakni, Pendidikan Karakter sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa, pemerintah akan menerapkan pendidikan karakter pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi mulai tahun ajaran baru 2011/2012.

Pendidikan karakter tersebut diwujudkan mulai dari kurikulum sampai dengan membangun kultur budaya di sekolah.  ''Pendidikan karakter ini adalah sesuatu yang mendesak untuk dilakukan saat ini. Targetnya semua sekolah nantinya harus menggunakan,'' ungkap Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh di sela peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Jakarta, Selasa (2/4).

Pendidikan karakter tersebut menurut M Nuh mempunyai tiga kelompok pendidikan yang saling menopang. ''Ada tiga kelompok pendidikan karakter yaitu tumbuhnya kesadaran bagi peserta didik sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang maha Kuasa, tumbuhnya kepenasaran intelektual untuk membangun keilmuan, serta tumbuhnya rasa bangga dengan cara berprestasi. Dari kegemaran berprestasi itu nantinya akan muncul kebanggaan we are the Indonesian,'' kata Nuh.

Pengamat pendidikan dari Perguruan Taman Siswa Ki Darmaningtyas melihat pendidikan karakter memang penting diwujudkan agar masyarakat Indonesia bisa menjadi bangsa yang jujur dan bangsa yang berdaya saing. ''Tapi, jangan lupa juga, pendidikan itu bukan sekedar karakter semata, tapi juga pendidikan untuk semua, baik dari sisi sarana dan prasarana, maupun dari sisi kualitas guru,'' kata Darmaningtyas.

Ia melihat saat ini, hal itu belum terealisasi di Indonesia, karena misalnya, masih ada saja calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, tidak bisa masuk ke perguruan tinggi dengan biaya yang terjangkau. Karakter yang menjadi berkat untuk orang lain tentunya perlu dijalankan demi kemajuan bangsa agar tidak tergerus pesatnya perkembangan jaman.

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami