Akibat Tsunami Jepang, Satu Desa Terhilang

Nasional / 17 March 2011

Kalangan Sendiri

Akibat Tsunami Jepang, Satu Desa Terhilang

Lois Official Writer
3602

Tsunami Jepang telah membuat sebuah desa di Negeri Sakura itu hilang. Desa Saito tadinya dipenuhi oleh 250 orang dan sekitar 70 rumah. Kini, desa itu telah hilang. “Tidak ada lagi yang tersisa,” ungkap penduduk Desa Saito, Toshio Abe, seperti dikutip Associated Press. Abe juga menyatakan, setidaknya 40 warga desa tersebut dikabarkan hilang maupun tewas.

Abe sedang berkebun saat merasakan bumi bergetar karena gempa. Selang beberapa lama kemudian sirene peringatan tsunami terdengar dan imbauan untuk warga pindah ke tempat yang lebih tinggi pun terdengar. Abe yang berusia 70 tahun pun lari menyelamatkan diri ke bukit. Dari pandangannya, jelas terlihat gelombang raksasa menerpa desanya sekitar 20-30 menit usai gempa terjadi. “Saya tidak menyangka tsunami akan menyerang desa yang asri ini. Saya pikir kami aman,” lanjut Abe.

Kini seluruh warga desa yang berhasil menyelamatkan diri hanya bisa terdiam melihat kondisi desa mereka yang rata dengan tanah akibat disapu tsunami. Tidak ada sesuatu pun tersisa akibat terjangan tsunami tersebut. Desa Saito kini tinggal sebuah nama. Tidak ada apapunyang tersisa di sana seusai tsunami.

Di Jepang secara keseluruhan, kepolisian Jepang telah memastikan bahwa jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami mencapai 5.198 orang dengan 9.429 orang dinyatakan belum ditemukan. Jumlah korban yang belum ditemukan itu adalah jumlah yang dilaporkan ke kepolisian. Pihak kepolisian sendiri memperkirakan bahwa masih ada sekitar puluhan ribu orang yang masih belum ditemukan di luar sana. Saat ini, lebih dari 315 ribu orang berada di 2.300 tempat pengungsian.

Tak henti-hentinya doa kita untuk mereka. Dengan tulus hati, kita berdoa agar Tuhan memberikan kekuatan dan semangat untuk rakyat Jepang. Tuhan terus menopang mereka sampai bencana ini berakhir agar kasih Tuhan pun lebih dinyatakan di sana.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami