Menteri Jerman Dicopot Gelar Doktornya Karena Plagiatisme

Nasional / 26 February 2011

Kalangan Sendiri

Menteri Jerman Dicopot Gelar Doktornya Karena Plagiatisme

Lois Official Writer
3123

Kabar ini memang tidak mengenakkan. Gelar doctor Menteri Pertahanan Jerman, Karl-Theodor zu Guttenberg, secara resmi dicopot setelah universitas tempat ia mengambil desertasi memutuskan ia telah melakukan pelanggaran serius terhadap standar perguruan tinggi. Padahal Karl-Theodor baru-baru ini mengambil alih posisi Angela Merkel sebagai politisi paling populer di Jerman dalam jajak pendapat.

Dia mengakui di depan Parlemen Jerman bahwa ia melakukan kesalahan serius dalam karya akademisnya. Ketika ia menyelesaikan studi pada 2006 ia telah menjadi anggota parlemen. Ia mengatakan saat itu dia begitu terbebani dengan pekerjaan menulis sementara ia tengah mulai berkeluarga dan mengawali karir politiknya. Ia mengaku terlalu sombong dan meyakini bahwa ia mampu melakukan semua peran itu dalam waktu bersamaan. “Saya tidak bersungguh-sungguh berniat curang, namun memang membuat kesalahan serius,” demikian pembelaannya.

Hari itu, universitas mengeluarkan pernyataan berisi konfirmasi bahwa Karl-Theodor tak bisa lagi menyebut dirinya Dr. Karl-Theodor zu Guttenberg yang kini dijuluki Googleberg, mencoba menghilangkan badai yang menerpanya setelah skandal desertasinya mencuat pekan lalu. Ia dengan enteng menyebut tudingan plagiarisme itu sebagai ‘hal fantastis’.

Manusia memang penuh dengan keterbatasan dan kita harus akui keterbatasan itu. Jika memang hanya bisa melakukan satu pekerjaan saja, lebih baik kita fokus pada hal itu dan berhasil daripada melakukan banyak hal yang tak membuahkan hasil.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami