Ketika Presiden Menjadi Rapper Musik Leluhur

Nasional / 20 February 2011

Kalangan Sendiri

Ketika Presiden Menjadi Rapper Musik Leluhur

daniel.tanamal Official Writer
3732

Beberapa negara tentunya pernah dipimpin oleh seorang presiden dari kalangan selebritis ataupun mantan artis dan seniman yang mempunyai gaya dan perilaku diluar kebiasaan protokoler kepresidenan. Satu hal yang terjadi di Uganda pernahjuga terjadi di Indonesia. Entah dengan maksud mencari popularitas atau sebuah bakat terpendam, menyanyi jadi satu langkah strategi penarik perhatian rakyat yang dipimpinnya.

Presiden Yoweri Museveni, tokoh yang pernah terlibat dalam perang penggulingan diktator kejam Idi Amin ini mengatakan bahwa dia akan mengeluarkan album rap setelah dia berhasil membuat hit di radio Uganda dan klub malam di negara tersebut. "Saya sangat senang melihat reaksi anak muda. Itu berarti mereka sangat haus akan musik dari leluhur mereka," ujar pria berusia 67 tahun tersebut, demikian dilansir Reuters, Jumat (18/2/2011).

Menurut laman The Boombox.com, Museveni terinspirasi untuk membuat album setelah para produser setempat menciptakan suatu lagu rap berjudul "You Want Another Rap?" Lagu itu memodifikasi suara Museveni saat berpidato dan dipadu dengan irama lagu anak-anak.

Hit itu ternyata populer di sejumlah stasiun radio di Uganda. Museveni pun terkesan dengan kreasi itu. Pemimpin dengan julukan M7 ini menampilkan dua lagu rakyat anak-anak dari tempat asalnya di wilayah Barat Uganda, pada saat melakukan kampanye pemilihan beberapa bulan lalu. Produser rekaman kemudian memasukkan irama hip-hop dan audio suara Museveni yang sedang berbicara mengenai kerakyatan.

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami